30 Sep 2023

Safari Subuh di Masjid Tak Jauh


SUBUH Jumat (29/09/2023) ini saya kembali berjamaah subuh di luar. Maksudnya, di luar Kampung Wonosari, tempat saya bermastautin. Di luar Masjid Al-Ubudiyah, masjid yang sudah menjadi tempat salat subuh saya selama ini. Jika tidak sedang bepergian keluar Karimun saya salat di masjid yang memang berada tidak jauh dari tempat tinggal saya. Hanya perlu 1-2 menit saja naik scutter untuk sampai ke masjid itu. 

Pekan lalu, Jumat (22/09/2023) subuh itu saya juga salat di luar. Waktu itu beberapa orang teman diminta Bupati salat subuh di Musalla Al-Busyro, Rumah Dinas Bupati. Selepas subuh jamaah diajak ke kafe milik Ganar (menantu Pak Rafiq, Bupati Karimun) yang pagi itu secara resmi akan dibuka untuk umum. Dengan pembacaan doa oleh imam subuh Musalla Al-Busyro kedai itu resmi dibuka. Semua jamaah disuguhkan makanan sarapan pagi.

Untuk subuh Jumat kedua ini saya dan beberapa teman kembali diajak Bupati, Pak Aunur Rafiq untuk subuh bersama. Kembali saya salat subuh di luar. Kali ini dalam program Safari Subuh Bupati. Rombongan bupati bersafari subuh ke Masjid Al-Musyahadah, Batu Lipai, Baran Barat. 

Masjid Al-Musyahadah adalah masjid kedua terdekat dari rumah saya setelah Masjid Al-Ubudiyah. Hanya perlu 4-5 menit saja saya naik kendaraan bermotor untuk sampai ke situ. Dan karena itu, meskipun biasanya anggota safari bupati berkumpul terlebih dahulu di Rumah Dinas untuk berangkat bersama-sama ke masjid tujuan safari, kali ini saya tidak perlu ke Rumah Dinas Bupati. Saya bisa langsung ke masjid dari rumah karena memang tidak jauh dari rumah saya. 

Kali ini, saya dan teman-teman yang masuk rombongan melaksanakan Safari Subuh di Masjid Tak Jauh itu. Tak jauh dari rumah saya. Untuk ini saya bergerak dari rumah hanya beberapa saat sebelum masuknya waktu subuh. Saat sampai di masjid, saya melihat Pak Bupati dan Ketua MUI, Pak Afrizal sudah berada di dalam masjid.

Pak Afrizal pula yang menjadi penceramah pagi ini sementara imam subuhnya diimami oleh Ustaz Fahrul Razi. Ustaz Fahrul membawakan ayat-ayat di Surah Sajadah pagi ini. Sementara Pak Afrizal menyampaikan topik ceramah tentang pentingnya salat berjamaah bagi seorang muslim, khususnya bagi lelaki. Banyak materi yang disampaikan Ketua MUI Kabupaten ini. 

Kata Pak Afrizal, selain menjalin silaturrahim dengan semua jamaah lainnya, salat berjamaah sudah dijanjikan Allah akan mendapatkan pahala lebih besar dari pada salat sendiri-sendiri. Kata Pak Ijal (begitu dia disapa) mengutip salah satu hadits, bahwa pahala orang yang salat berjamaah itu akan diberi pahala 27 kali lipat berbanding jika salah sendiri saja. Makanya perlu kita salat berjamaah ini, katanya. Bagi jamaah beberapa pesan itu sangatlah penting.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar