14 Nov 2023

Meninjau Rumah-rumah Ibadah (Catatan Kunjungan FKUB Lingga 3)


AGENDA kedua dari serangkaian kegiatan FKUB Lingga di Karimun adalah mengunjungi rumah-rumah ibadah berbagai agama di Kabupaten Karimun, khususnya yang berada di Pulau Karimun. Rencana ini sudah tertuang dalam rencana kegiatan Kunjungan Kerja FKUB dan Kesbangpol Kabupaten Lingga di Karimun, 10-11 Nove,ber 2023. 

Bupati Karimun menyiapkan sebuah bus VIP untuk dipergunakan dalam perjalanan mengunjungi rumah-rumah ibadah ini. Pukul 07.30 bus itu sudah stanbay di halaman Hotel Karimun City, tempat pengurus FKUB dan Pejabat Kesbangpol Kabupaten Lingga menginap. Sesuai rencana, pukul 08.00 perjalanan akan dimulai.
Kelenteng Vidya Diepa

Setelah semua pengurus FKUB Lingga dan Pejabat Kesbangpol Lingga memasuki mobil bersama 6 orang pengurus FKUB Kabupaten Karimun mobil pun bergerak. Beberapa orang pengurus lainnya menggunakan mobil pribadi dan beriringan dengan mobil VIP milik Pemda. Gereja Katolik Santo Yosef Tanjungbalai Karimun adalah rumah ibadah pertama yang dikunjungi.  Ini dikarenakan jarak gereja dengan Hotel Karimun City sangat dekat.

Selama 20 menit para tamu gereja berada di sini. Setelah mengunjungi bagian dalam (ruang ibadah) para tamu dipersilakan naik ke lantai dua rumah pastor. Di sini para tamu melaksanakan pertemuan silaturrahim sambil menikmati kue-kue yang disediakan oleh pihak gereja. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Vihara Vidya Diepa di Bukit Senang, Teluk Air, Tanjugbalai Karimun. Dan setelah meninjau ruang ibadahnya, berfoto-foto lalu perjalanan diteruskan ke Gereja HKBP Kapling.
Gereja HKBP

Secara berturut-turut dalam rentang waktu kurang lebih 20 menit untuk setiap satu rumah ibadah, perjalanan kunjungan ini meneruskan ke Ruang Ibadah (Vihara) Sekolah Avava, ke Kelenteng Bukit Tembak dan ke Masjid Agung. Sebelum ke Masjid Agung rombongan menyempatkan singgah di Kantor FKUB Kabupaten Karimun. Dari Masjid Agung rombongan melanjutkan untuk makan siang di Rumah Makan Kampung Kite, Coastal Area. Acara ditutup dengan salat zuhur bersama di Masjid Baiturahman, Teluk Air. Sealnjutnya kembali ke hotel.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar