5 Jan 2024

Jumatan di Masjid Al-Hidayah Patam Lestari Batam


Catatan M. Rasyid Nur
BERSAMA Wakil Bupati Karimun dan rombongan kami jumatan di Masjid Al-Hidayah, Patam Lestari, Batam. Merasa istimewa melaksanakan salat jumat di masjid tua ini karena saya tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Sejatinya saya melaksanakan salat jumat di Wonosari, tempat saya bermastautin di Pulau Karimun. Alhmadulillah merasakan salat di tempat lain. 

Jumat (05/01/2024) ini Wakil Bupati Karimun selaku Ketua Umum LPTQ Kabupaten Karimun mengadakan kunjungan kerja ke Quran Center, Batam. Tujuannya untuk berjumpa dengan direkturnya, Mahadi Rahman. Sebagai orang nomor satu di LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kabupaten Karimun, Pak Wabup saat ini tengah mempersiapkan kafilah Kabupaten Karimun untuk MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) Tingkat Provinsi tahun 2024. Jadi, tujuan kunjungan ke Mahadi yang adalah salah seorang Pembina peserta MTQ Kabupaten Karimun adalah untuk konsultasi dalam rangka persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Karimun 2024 sekaligus persiapan MTQ Tingkat Provinsi Kepri. 

Bersama Wabup ikut Staf Ahli Bupati, H. Ramli, Ketua Harian LPTQ Kabupaten Karimun, H. Syamsul Arif dan Wakil, HM. Rasyid Nur serta salah seorang pengurus lainnya, Suhardi. Rencana koordinasi akan dilaksanakan bakda jumatan. Untuk itu salat jumat di Masjid Al-Hidayah, Patam Lestari yang tidak jauh dari lokasi rencana pertemuan. Masjid tua ini ternyata dikelola dengan baik. Itu terbukti dengan begitu besarnya saldo kas masjid dan salat di sini terasa adem karena sudah pakai penyejuk ruangan.

Imam hari ini adalah Ustaz Syamsuddin sementara khatibnya adalah Ustaz M. Abizar Hudairi. Dalam khutbahnya khatib berpesan untuk banyak berzikir kepada Allah yakni dengan perbanyak doa selain melaksanakan ibadah-ibadah sebagai mematuhi perintah Allah. Dengan zikir seseorang akan merasa nyaman dan tenang.

"Dengan zikir insyaallah kita akan dipelihara oleh malaikat Allah," kata Pak Khatib. Dia menambahkan, ada amalan zikir yang ringan tapi Allah sayang kepada orang yang mengamalkannya. Dia menyebutkan kalimat, subhanallah wabihamdihi, subhanallahil azhim. "Ucapkanlah zikir itu berulang-ulang sambil menyerahkan diri kepada Allah," katanya. Saya setuju dari semua pesan khutbah yang disampaikannya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar