14 Jan 2024

PD IPHI Karimun Laksanakan Pertemuan Haji Awal Tahun 2024


INILAH pertemuan bulanan PD IPHI (Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun bulan Januari 2024 sebagai pertemuan pertama di awal tahun baru. Pertemuan ini disejalankan dengan menyambut dan memperingati Israk Mikraj Nabi Muhammad Saw 1445 H/ 2024 M. Kegiatannya dihelat di Gedung Balai Haji, Tebing,  Ahad (14/01/2024) pagi dengan tuan ruamhanya PC (Pengurus Cabang) IPHI Meral.

Sebelum acara inti dimulai kegiatan diawali pracara dengan melantunkan beberapa sholawat Nabi oleh ibu-ibu PC IPHI Kecamatan Meral. Acara inti diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi, ayat-ayat suci Alquran oleh Hj. Maryamah. Selanjutnya sambutan Ketua PC IPHI Meral selaku tuan rumah yang disampaikan oleh Hj. Ponilawati, mewakili ketua yang kurang sehat. Dalam sambutannya Ponilawati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya teman-teman di PC IPHI Meral atas terlaksananya kegiatan pertemuan ini. Semoga sumbangsih tenaga dan pikiran yang sudah diberikan menjadi ibadah bagi kita. Demikian disampaikan oleh Ponilawati atas nama Wakil Ketua PC IPHI Kecamatan Meral. 

Sambutan Ketua PD IPHI Kabupaten Karimun disampaikan Hj. Nelda Yulie mewakili Ketua IPHI yang tidak bisa hadir pada perteman kali ini. Dalam sambutannya Ketua PD IPHI menyampaikan terima kasih kepada semua anggota IPHI Kabupaten Karimun, khususnya yang berkesempatan hadir pada pertemuan awal tahun baru 2024 ini. Secara khusus Nelda juga menyampaikan terima kasih kepada PC IPHI Meral yang menjadi tuan rumah dan penanggung jawab kegiatan pertemuan awal tahun ini. Sebelumnya Nelda menyampaikan salam Ketua PD IPHI, H. Haris Fadhillah kepada semua hadirin.

Acara terakhir tausiah sekaligus doa disampaikan oleh Ustad H.Azuardi, S.Pdi dengan tema ceramahnya, "Bulan Rajab Merupakan Bulannya Allah,"  sebagai peringatan dan menyambut Israk Mikraj Nabi Muhammad Saw tahun 1445. Ustaz Azuardi membahas beberapa kajian berkaitan dengan Israk-Mikraj Nabi Muhammad Saw antara lain, tentang sebab-sebab bulan Rajab disebut bulannya Allah. Kata Azuardi, sebabnya adalah karena malaikat berdoa kepada Allah agar Nabi Muhammad menyayangi  semua umatnya. Itulah sebabnya Nabi Muhammad sangat sayang kepada semua umatnya. Sejarah menjelaskan kepada kita, sebelum Nabi meninggalkan bahkan yang ditanyakan Nabi adalah 'uamatku' bukan yang lain. Begitulah sayangnya nabi kepada umatnya. 

Selain itu, kata Ustaz Azuardi, malaikat juga meminta kepada Allah agar umat Nabi Muhammad jangan disiksa. Betapa malaikat mempunyai perhatian begitu besar kepada umat Muhammad sampai dia meminta kepada Allah untuk jangan disiksa. Hal lain yang diuraikan Awardi adalah bahwa Nabi Muhammad dititipkan di rahim seorang wanita yang bernama Siti Aminah. Aminahlah kelak yang melahirkan Nabi Muhammad untuk menyampaikan ajaran Allah kepada umat manusia.


Di bagian akhir, ustaz mengingatkan bahwa ibadah seseorg itu, apapun itu, seperti sholat, puasa, haji dan ibadah lainnya belum tentu akan menjamin kita masuk surga. Tidak bisa kita handalkan dan menjamin  membawa seseorang masuk ke dalam surga Allah karena belum tentu semuanya dikerjakan dengan dasar niat yang benar serta belum tentu juga dilaksanakan dengan ikhlas. Oleh karena itu mari kita laksanakan ibadah-ibadah itu dengan benar, dengan niat yang benar dan dengan dasar ikhlas.***
Kontributor: Hj. Ponilawati

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar