12 Feb 2024

Bupati Resmikan RLHB Kabupaten Karimun


Catatan M. Rasyid Nur
ADALAH satu kebahagiaan bagi 6 (enam) orang warga kurang mampu di Kabupaten Karimun karena mendapatkan bantuan pembangunan atau perbaikan rumah. Melalui Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Karimun yang membangun enam unit rumah melalui Program RLHB (Rumah Layak Huni Baznas) Pusat mereka mendapatkan bantuan membangunan atau merehab rumah masing-masing. Hari Senin (12/02/2024) ini keenam rumah tersebut diresmikan dan diserahkan Bupati Karimun kepada penerimanya. Peresmian dipusatkan di Teluk Senang, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat lokasi salah satu rumah.

Hadir pada acara peresemian antara lain Direktur Pendistribusian Baznas Pusat, Ahmad Fikri, Ketua Baznas Kabupaten Karimun, H. Nasrial dan seluruh komisioner Baznas Kabupaten. Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq hadir bersama Sekda, Dr. H. Muhammad Firmansyah serta beberapa orang pimpinan OPD Kabupaten Karimun. Tampak juga hadir Pimpinan Forkopimda, Kakankemenag, Ketua MUI, Ketua FKUB Kabupaten dan beberapa orang tokoh masyarakat lainnya.

Prosesi acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kumandang Solawat Busyro dan doa. Selanjutnya pidato laporan Panitia Pelaksana Pembangunan RLHB, sambutan Ketua Baznas Kabupaten Karimun dan sambutan Direktur Pendistribusian Baznas Pusat sebelum pidato pengarahan Bupati Karimun.

Bupati dalam pidatonya secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Karimun dan Baznas Provinsi dan Baznas Pusat serta semua pihak yang telah ikut membantu terlaksananya pembangunan rumah layak huni sebagai program Baznas Pusat ini. Dari 40-an rumah untuk Provinsi Kepri, kita Karimun mendapatkan jatah 6 rumah. Semoga saja di tahun-tahun berikutnya jumlahnya bisa bertambah.

Lebih jauh dikatakan bupati bahwa program rehab rumah di Karimun sesungguhnya sudah pernah dilaksanakan sebelum ini. Juga ada bantuan dari provinsi dan dari  kabupaten sendiri. Karimun dalam program pembangunan rumah disejalankan dengan program TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) sejumlah 25 rumah dengan anggaran Rp500 juta. Demikian bupati menjelaskan.

Sebagai informasi tambahan, Ketua Baznas Kabupaten Karimun, Drs. H. Nasrial menjelaskan bahwa enam rumah layak huni yang dibangun ini telah selesai sejak awal Desember 2023 lalu. Dikerjakan secara gotong-royong dengan beberapa orang tukang yang dibayar sekadarnya saja. Setiap satu rumah dianggarkan upahnya Rp 5 jt sementara Rp 20 jt untuk membeli materialnya. Dijelaskannya juga, pembangunan lima unit rumah ini tersebar di lima kelurahan se-Karimun, yakni di Teluk Air, kapling, Lubuk Semut, Pongkar dan Pasir Panjang. Demikian dia menjelaskan.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar