28 Feb 2024

Dari Musrenbang Kecamatan Kundur: Sebuah Catatan


DENGAN tema Peningkatan Pembangunan Infrastruktur dan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang Didukung oleh Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kecamatan Kundur Tahun 2024 untuk pembangunan tahun 2025 telah berlangsung di Aula Islamic Center Tanjungbatu Kundur, Jumat (23/02/2024) pagi lalu. Dibuka Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dan diikuti oleh para Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Kundur kegiatan Musrenbang berjalan lancar dan aman.

Diawali acara pembukaan.dengan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya, lagu Mars Karimun dan doa Solawat Busyro. Ketiga lagu ini adalah standar acara pembukaan dalam setiap acara resmi di Kabupaten Karimun. Selanjutnya pembacaan doa yang dipandu oleh Kepala Kantor Urusan Agama (Ka-KUA) Kecamatan Kundur, Muhrizal, SAg. 

Kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan pidato laporan oleh Camat Kundur, Syaifullah, SE MM. Dalam pidatonya Camat Kundur menyampaikan rencana program pembangunan di Kecamatan Kundur untuk tahun 2025. Intinya uraian rencana pembangunan di desa-desa dan kelurahan se-Kecamatan Kundur. Selain itu camat juga menyampaikan terima kasih kepada beberapa pihak, khususnya kepada bupati. 

"Kami, mewakili masyarakat Kecamatan Kundur mengucapkan terima kasih kepada kepada bupati dan Pemda Kabupaten Karimun secara umum atas perhatian pemerintah kabupaten dalam pembangunan di Kecamatan Kundur." Camat menjelaskan, ada banyak pembangunan yang sudah dilaksanakan di Kecamatan Kundur selama periode kepemimpinan bupati ini. Demikian dikatakannya di hadapan para peserta Musrenbang dan undangan.

Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si dalam pidato pengarahannya menyampaikan harapannya agar Musrenbang ini dapat diikuti dengan baik. "Semoga Musrenbang ini berjalan dengan lancar dan aman untuk memperoleh hasil rencana pembangunan yang baik," pintanya. Selain itu, bupati juga mengharapkan kiranya aspirasi masyarakat sebaiknya disejalankan dengan hasil Musrembang. Katanya, kita ada namanya Dana Aspirasi melalui anggota Dewan. Aspirasi inilah yang diharapkan bupati sejalan dengan hasil Musrenbang. 

"Selama ini sering kegiatannya sendiri-sendiri. Tidak sama dengan hasil Musrembang." Bupati mengingatkan ke depan, aspirasi-aspirasi itu sejalan dengan hasil Musrenbang karena pada dasarnya hasil Musrenbang ini merupakan aspirasi dan harapan dari masyarakat itu sendiri. Kata bupati, jika itu sejalan artinya usulan pada Musrenbang ini semakin banyak yang dapat dilaksanakan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar