29 Feb 2024

MTQ Tingkat Kecamatan Pertama Ditutup Sudah


Catatan M. Rasyid Nur

INILAH MTQ (Musbaqah Tilawatil Quran) Pertama (I) yang pernah dilaksanakan di Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun. Sebagai kecamatan baru Kecamatan Selat Gelam belum pernah melaksanakan MTQ atau STQ (Seleksi Tilawatil Quran) sebelum ini. Para qori/ qoriah, hafizh/ hafizhoh daerah ini sebelumnya ber-MTQ di Kecamatan Karimun. Wilayah Kecamatan Selat Gelam sendiri sebelumnya adalah bagian Kecamatan Karimun.

Lahirnya Kecamatan Selat Gelam sebagai pemekaran Kecamatan Karimun dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2022 tentang Pembentukan Kecamatan Selat Gelam dan Kecamatan Sugie Besar maka wilayah Desa Parit, Desa Tulang dan Desa Selat Mendaun yang sebelumnya termasuk bagian dari Kecamatan Karimun kini berdiri sendiri menjadi wilayah Kecamatan Selat Gelam. MTQ Pertama ini digelar di Desa Selat Mendaun dan ditutup oleh Bupati Karimun, Ahad (25/02/2024) malam.

Keberangkatan bupati dan rombongan dari Tanjungbalai Karimun adalah bakda magrib. Setelah berjamaah di Musalla Al-Busyro, Rumah Dinas Bupati, rombongan berangkat menggunakan kapal Satria. Kapal penumpang umum ini dipakai kabarnya karena gelombang laut lumayan besar malam ini. Jika menggunakan speed boat Pemkab yang biasa digunakan, tentu ada kekhawatiran. Kapal Pemkab itu agak kecil.

Ketika rombongan sampai di salah satu masjid berhampiran dengan lokasi acara, rombongan melaksanakan salat Isya yang kebetulan sudah duluan masuk sebelum rombongan sampai. Jamaah masjid Nurusysyuhud, itu malah sudah selesai melaksanakan salat Isya. Rombongan bupati membuat jamaah sendiri. Sehabis isya rombongan makan bersama dengan petinggi desa yang hadir di masjid. Sehabis makan itulah rombongan ke lokasi acara penutupan MTQ.

Prosesi acara penutupan MTQ Tingkat Kecamatan Selat Gelam diawali dengan penampilan Tari Persembahan. Berturut-turut tampilan lagu-lagu qasidah, lagu Indonesia Raya, Mars Karimun dan Solawat Busyro. Dilanjutkan Pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an dan Doa yang dipandu oleh Syamsul Arif. Lalu laporan Ketua Panitia, pidato sambutan oleh Camat sebelum pidato pengarahan oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si. 

Begitulah berlangsungnya acara penutup MTQ Tingkat Kecamatan Selat Gelam tahun 2024. MTQ pertama yang dihelat oleh masyarakat bersama Pemerintah Kecamatan berlangsung cukup meriah.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar