19 Mar 2024

Dari Wirid Bulanan dan Kenduri Menyambut Ramadan 1445: Istimewa


Catatan M. Rasyid Nur
BOLEH jadi Wirid Bulanan Pemda Kabupaten Karimun edisi Maret 2024, ini adalah Wirid Bulanan yang istimewa dilihat dari yang sudah-sudah. Berbanding wirid-wirid yang selama ini dilakukan, wirid yang dihelat hari Sabtu (09/03/2023) pagi, di Rumah Dinas Kediaman Bupati Karimun, itu tidak hanya dihadiri oleh pegawai Pemda Kabupaten saja sebagai peserta utama tapi juga dihadiri oleh beberapa nama dan tokoh yang belum pernah ikut selama ini. 

Dihelat di Rumah Dinas Bupati Karimun, Kecamatan Karimun Wirid Bulanan ini juga menyertakan Pengurus Daerah BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Kabupaten Karimun sebagai pelaksana. Wirid Bulanan ini dihadiri pegawai dan pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten Karimun plus para undangan lainnya yang membuatnya istimewa. 

Ada masyarakat sebagai tokoh agama dan tokoh masyarakat seperti para ketua Ormas Islam dan Ormas lainnya, Ketua MUI, Ketua Baznas, FKUB dan beberapa lainnya. Tentu ada pejabat utama kabupaten yang mendampingi bupati seperti dari Forkopimda, Kapolres, Dandim, Danlanal, baik langsung maupun diwakili. Juga hadir Kakankemang Kabupaten Karimun yang langsung hadir. Peserta istimewa itu adalah Wali Kota Bengkalis, H. Faisal, SKm yang sudah beberapa hari berada di Kabupaten Karimun dalam program dakwah jamaah tabligh yang dia ikuti,

Wirid Bulanan kali ini dihelat juga dalam rangka Kenduri Menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 (2024) yang akan datang beberapa hari lagi. Dan sebagai penceramah pagi ini adalah KH Raja Sofyan, seorang penceramah bertaraf Nsional yang tinggal di Ibukota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Raj Sofyan adalah penceramah yang sudah selalu mengisi tausiah-tausiah dalam acara yang dilaksanakan oleh Pemda Kabupaten Karimun.
 
Prosesi acara diawali dengan membaca doa solawat, Solawat Busyro yang adalah solawat khas Kabupaten Karimun. Dikumandangkan bersama jamaah yang hadir dengan dipandu oleh kelompok nasyid salah satu pondok pesantren di Karimun. Solawat dibacakan sebanyak 41 kali dengan iringan musik perkursi kelompok nasyid. Selanjutnya acara resmi yang diawali sambutan dan pidato dari bupati dan Wali Kota Bengkalis sebelum tausiah. 

Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambuatan 'sekapur sirih' mengawali dengan membaca surah Al-Baqarah 183, tentang kewajiban berpuasa bagi orang-orang beriman. Bupati menguraikan bahwa kewajiban berpuasa hanya diperuntukkan bagi orang beriman. Maka bersyukurlah kita sebagai muslim yang beriman, katanya.

Sementara Wali Kota Dumai, Faisal mengajak para hadirin, terkhusu kepada pejabat yang mempunyai tanggung jawab kepada bawahannya untuk ikut Safari Dakwah sebagaimana yang dia jalankan saat ini di Karimun. "Kita hanya mengajak, selebihnya terserah kepada mereka," katanya. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kewajiban mengajak adalah kewajiban setiap raong. Tapi apakah akan ikut atau tidak, terserahlah kepada mereka. Demikian antara lain yang disampaikan Faisal.

"Kita risau masalah iman ini, nanti ditanya jabatan kita, kerja apa, tanggung jawab dan seterusnya. Maka selagi masih hidup mari kita tunaikan kewajiban kita," kata H. Faisal. 

Acara terakhir adalah tausiah yang disampaikan oleh Buya Raja Sofyan. Dia menguraikan perihal keutamaan Ramadhan yang di dalamnya pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, pahala berlipat 70 kali, dan seterusnya. Meskipun tidak terlalu lama tausiahnya tapi terasa padat yang dia sampaikan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar