25 Mar 2024

PD IPHI Karimun Peringati Harlah dan Berbuka Puasa Bersama


Catatan M. Rasyid Nur
PENGURUS Daerah (PD) IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-34 IPHI tahun 2024, Ahad (24/03/2024) di Gedung Haji, Tebing Kabupaten Karimun. Harlah disejalankan dengan berbuka bersama pengurus PD IPHI dengan Dewan Pembina dan Penasihat PD IPHI Kabupaten Karimun. Hadir langsung Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq didampingi Kakankemenag Karimun, H. Jamzuri bersama pengurus IPHI lainnya.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan pembagian sembako kepada fakir-miskin dan dhuafa yang dananya bersumber dari Dewan Pembina, Penasihat dan Pengurus serta para anggota IPHI Kabupaten Karimun. Tema Harlah sendiri adalah, “Haji Mabrur Sepanjang Hayat Menuju Indonesia Sejahtera dan Berkeadilan”.


Peringatan Harlah ke-34 IPHI disejalankan pula dengan Khataman Alquran yang diikuti oleh Ibu-ibu MTP (Majelis Taklim Perempuan) PD IPHI Karimun. Khataman Al-Quran dipimpin oleh Wakil Ketua PD IPHI Karimun, Drs. H. Samsuddin.

Prosesi acara, setelah khataman diawali dengan kumandang Solawat Busyro yang dibawakan secara bersama oleh seluruh undangan. Selanjutnya pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh H. Muhammad Abdul Wahid, salah seorang anggota IPHI. Dilanjutkan dengan Sekapur Sirih oleh Ketua PD IPHI Kabupaten Karimun, H. Haris Fadhillah. Dalam sambutannya Haris Fadhillah menjelaskan latar belakang dihelatnya acara ini. Sekaligus Ketua IPHI menjelaskan bahwa pada momen Ramadan ini pengurus IPHI baik di Kabupaten maupun di Kecamatan melaksanakan penggalangan dana untuk membeli sembako yang disalurkan untuk para fakir-miskin dan dhuafa di kecamatan-kecamatan.

“Ada 448 paket sembako yang terkumpul se-Kabupaten Karimun," jelas Haris. "Untuk PD IPHI terkumpul sebanyak 140 paket sementara masing-masing PC IPHI juga menggalang sembako untuk dibagikan." Ketua IPHI, itu menjelaskan bahwa sembako yang terkumpul di kabupaten disalurkan ke PC IPHI sebanyak 14 kecamatan. Kecamatanlah yang membagikan langsung kepada kaum fakir-miskin dan dhuafa di kecamatannya masing-masing. 


Ia berharap, bantuan yang disalurkan ini semoga bermakna dan bermanfaat bagi penerima, apalagi sedang menghadapi bulan Ramadhan. Kegiatan ini, katanya rutin setiap tahunnya dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ketua IPHI juga berharap, melalui peringatan Harlah ke-34, IPHI Kabupaten Karimun semakin maju sesuai dengan tema yang diangkat. Demikian disampaikannya dalam sekapur sirihnya.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang memberikan sambutan sebelum tausiah menyebutkan bahwa IPHI Kabupaten Karimun telah memberikan kontribusi besar kepada pemerintah daerah dalam proses pemberangkatan dan pemulangan haji. Termasuk dalam hal pembinaan. 


“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PD IPHI Kabupaten Karimun yang selalu peduli terhadap masyarakat khususnya di lingkungan IPHI Kabupaten Karimun,” jelasnya. Banyak hal dan pesan yang disampaikan bupati pada sambutan  dalam waktu relatif singkat karena akan ada tausiah yang akan disampaikan H. Syamsul Arif. Bupati juga menyampaikan permaintaan maafnya karena tahun depan tidak lagi akan bersama sebagai bupati pada acara seperti ini. "Masa tugas saya akan selesai menjelang akhir tahun ini," jelasnya.

Acara terakhir adalah berbuka bersama setelah tausiah menjelang berbuka yang disampaikan salah seorang pengurus IPHI Kabupaten, H. Syamsul Arif.

Berikut Daftar Jumlah Paket Sembako Setiap Kecamatan dai PD IPHI Kabupaten,
1. PC IPHI Kec. Belat 14 Paket
2. PC. IPHI Kec. Meral Barat 21 Paket
3. PC IPHI Kec. Kundur 95 Paket
4. PC IPHI Kec. Tebing 33 Paket
5. PC IPHI Kec. Karimun 32 Paket
6. PC IPHI Kec. Kundur Barat 25 Paket
7. PC IPHI Kec. Meral 85 Paket
8. PC IPHI Kec. Ungar 35 Paket
9. PC IPHI Kec. Kuta 40 Paket
10. PC IPHI Kec. Durai 20 Paket
11. PC IPHI Kec. Moro 46 Paket
12. PD IPHI Kab. Karimun 140 Paket ***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar