24 Mar 2024

Dari Safari Ramadan Sekda: Waspada Kasus Bunuh Diri


MALAM ini, Sabtu (23/03/2024) Tim Safari Ramadan Sekretaris Daerah (Sekda) Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi melaksanakan kunjungan safari Ramadhan ke Masjid Jabal Rahmah, Gg. Awang Nur, Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral. Didampingi beberapa orang tokoh masyarakat Sekda dan rombongan melaksanakan salat isya dan tarwih berjamaah di masjid ini.

Bakda isya dilanjutkan tausiah Ramadan yang disampaikan Gus Muhammad Najamuddin yang didahului sambutan dari Sekda. Dalam sambutannya, Firmansyah mengajak para hadirin untuk tetap bersemangat dalam meningkatkan amalan ibadah di bulan suci Ramadhan tahun ini. "Saya bangga karena di masjid ini ternyata jamaahnya amsih konsisten dalam jumlah yang ramai," katanya memberikan apresiasi kepada para jamaah yang hadir malam itu. 

Lebih jauh Sekda mengajak untuk memanfaatkan bulan suci ini untuk memperbanyak amal. “Marilah kita manfaatkan bulan suci Ramadhan ini sebagai wadah kita untuk beribadah dan berbuat kebaikan terhadap sesama.” Ada beberapa cara agar puasa dan ibadah Ramadhan dapat dijalani dengan penuh ketaqwaan, yakni luruskan niat, ikhlas untuk beribadah dan berbuat kebaikan, serta selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Demikian disampaikannya dalam sambutannya.

Sekda juga mengajak jemaah agar peka dan merespon permasalahan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang sangat memerlukan uluran tangan. Katanya, belakangan ini ada beberapa kasus bunuh diri yang sempat menggegerkan masyarakat Karimun. Tidak kurang 6 kejadian bunuh diri di daerah kita ini, jelasnya sambil mengingatkan agar masyarakat saling memberi perhatian antara satu dengan lainnua.

Kalau ada dugaan permasalahan tetangga atau keluarga kita hendaklah segera dicarikan solusinya. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk saling memberikan edukasi kepada masyarakat. Jangan cuek saja, ingatnaya. "Mari kita sama-sama peduli terhadap tetangga kita, teman, sahabat dan kerabat kita," pesannya. 

Sebelum memberikan sambutan Sekda terlebih memberikan santunan kepada pengurus masjid serta iman dan bilal sebagai bentuk perhatian Pemerintah kepada masyarakat, khususnya pengelola masjid. Kegiatan selanjutnya tausiah dan salat tarwih berjamaah. Selepas tarwih Sekda dan rombongan dijamu nimun kopi oleh pengurus masjid.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar