21 Mar 2024

Rapat Pengurus Berjalan Mulus, Ini Hasilnya


RABU (20/03/2024) malam, ini pengurus Masjid Al-Ubudiyah, Wonosari, Meral mengadakan rapat. Rapat khusus membahas beberapa agenda khusus pula. Apa agenda khusus itu? Pertama, rencana melaksanakan peringatan Nuzul Quran, Ramadan 1445 (2024) yang setiap tahun biasa dilaksanakan. Tahun ini pun ada rencana untuk dilaksanakan. 

Agenda kedua adalah pembentukan pantia Amil Zakat. Baik untuk zakat fitrah maupun zakat mal dan lainnya yang pada momen Ramadan juga menjadi agenda tahunan pengurus masjid. Selain kewajiban membayar zakat fitrah kebanyakan masyarakat juga cenderung membayar zakat mal dan lainnya pada momen Ramadan. Jadi, perlu ada panitia khsus untuk mengelola itu. Lalu agenda khusus ketiga adalah persiapan menghadapi Idul Fitri.

Agenda pertama yang dibahas adalah perihal pembentukan panitia amil zakat Masjid Al-Ubudiyah tahun ini. Beberapa kesepakatan adalah, 1) Warga Wonosari diwajibkan membayar zakat fitrahnya pada amil zakat Kampung Wonosari; 2) Tempat pembayaran zakat dipusatkan di tiga tempat, masing-masing Masjid Al-Ubudiyah, Surau Al-Ittihad dan Surau Murfatimah; 3) Untuk pendistribusian dipusatkan di Masjid Al-Ubudiyah; 4) Besaran zakat fitrah mengacu kepada ketentuan dari Kemenag Kabupaten Karimun dengan jumlah beras zakat fitrah setara 2,7 kg beras yang dimakan. 5) Panitia mencatat warga yang tidak berzakat fitrah di Wonosari (pada panitia amil zakat) sebagai bahan informasi yang hanya diketahui panitia.

Tentang agenda persiapan Idul Fitri disepakati beberapa hal antara lain, 1) Khatib untuk Salat Idul Fitri tetap orang dalam (Wonosari), Mas Sukemi (Ketua Pengurus Masjid); 2) Imam, Ridwan H. Ali dengan cadangan HM. Rasyid Nur; 3) Panitia dirangkap oleh Panitia Ramadan. Sementara pembahasan agenda rencana peringatan Nuzul Quran disepakati tetap akan dilaksanakan.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Takmir Masjid al-Ubudiyah, Sukemi itu diikuti oleh beberapa orang pengurus lainnya serta beberapa orang perwakilan masyarakat Wonosari. Ketua pengurus masjid memimpin rapat dengan lugas dan selesainya juga relatif cepat. Dimulai sekitar pukul 21.15 (bakda tarwih) dan selesai tepat pukul 22.45.

Ketiga agenda yang dibahas, alhamdulillah selesai sesuai rencana yang digagas. Intinya, rapat berjalan mulus tanpa banyak perdebatan melelahkan. Terima kasih semua yang ikut, tentunya. Itulah kalimat yang pas untuk diucapkan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar