15 Mar 2024

Safari Ramadan Bupati di Durai: Silaturrahmi Mudahkan Rezeki


SAFARI Ramadan Bupati malam ini, Kamis (14/03/2024) di Durai, tepatnya di Desa Telaga Tujuh Kecamatan Durai. Ikut dalam rombongan antara lain tokoh masyarakat, tokoh agama, Kabag Kesra dan beberapa orang pimpinan OPD. Hadir juga anggota DPRD Kabupaten Karimun Dapil Durai. Di Durai bupati dan rombongan melaksanakan kegiatan Safari Ramadan di Masjid Jami’ Al-Hikmah.

Setelah memberikan pernghormatan kepada jamaah yang hadir, bupati dalam sambutan sekaligus sebagai tausiah agama mengajak jamaah untuk bersyukur karena telah diizinkan Allah  untuk bersama dengan Ramadan tahun ini. Untuk itu bupati mengajak masyarakat pada umumnya untuk mengisi Ramadan ini dengan ibadah yang lebih banyak. Selain berpuasa juga hendaknya diisi dengan amalan-amalan lain. Itulah pertanda kita bergembira menyambut bulan Ramadan.

Mengutip sebuah hadits, Bupati menjelaskan bahwa bagi orang-orang yang bergembira menyambut bulan Ramadan akan diharamkan jasadnya dijilat api neraka. "Bergembira saja kita menerima Ramadan kita sudah dijauhkan dari api neraka, apalagi kita lengkapi dengan amal-ibadah lainnya," jelasnya. Bersyukurlah kita karena kita masih dapat bersama dengan bulan mulia ini.

Lebih jauh bupati juga mengingatkan bahwa dalam menjalankan puasa banyak godaan, cobaan dan tantangan yang dihadapi. Kita mudah tergoda untuk makan atau minum pada siang hari. "Kami sampaikan bahwa saat ini kita tidak lagi memaksa menutup pintu kedai-kedai kopi pada siang hari. Tidak perlu ditutup-tutup dengan kain. Seolah kita bersubuhat menyembunyikan orang tak berpuasa di dalam kedai," katanya. Maka perlu melaksanakan puasa ini dengan ikhlas agar tidak mudah tergoda oleh apa saja.

Dengan ikhlas dan sabar kita akan mampu menunaikan puasa dengan baik dan berharap mendapat pahala dari Allah. Jangan kita sampai sia-sia berpuasa. Dengan membacakan sepotong hadits, Bupati menjelaskan bahwa ada banyak orang-orang berpuasa tapi tidak mendapat apa-apa kecuali rasa lapar dan dahaga saja. Jangan kita sampai termasuk golongan orang yang sia-sia ini, demikian harapannya.

Di bagian lain bupati juga mengajak untuk terus menjaga silaturrahim di antara kita. Katanya, “Dengan bersilaturahmi dapat memperpanjang umur dan memudahkan rezeki.” Safari Ramadan Pemda Kabupaten Karimun yang setiap tahun dilaksanakan bertujuan untuk menjalin dan memelihara silturahim antara kita. Pemerintah dengan rakyat itu harus saling mengisi menjaga sinergitas.

Di bagian akhir bupati kembali menjelaskan bahwa setiap kita akan kembali kepada Allah. Dengan mengajukan pertanyaan, apakah yang paling dekat dengan kita, bupati juga yang menjawab bahwa yang paling dekat adalah kematian. Sementara yang paling jauh adalah masa lalu. Untuk itu dia mengajak masyarakat mengingat bahwa semua kita akan menuju kematian yang tidak dapat ditunda sedetikpun.

Pada kesempatan Safari Ramadan ini bupati juga memberikan bantuan kepada petugas di masjid seperti imam, bilal dan lainnya. Bantuan ini untuk memberi motivasi kepada pengelola masjid agar terus mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid. Setiap mengunjungi masjid, bupati selalu memberikan bantuan. Menurut informasi dari Kabag Kesra, Baginda Malim Siregar ada 42 jadwal Safari Ramadan Pemda Kabupaten Karimun selama Ramadan tahun ini. Bupati sebanyak 28 kunjungan sementara Wakil Bupati sebanyak 14 kunjungan.***

Penulis               : M. Rasyid Nur
Kontributor Info: Fahrul Razi

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar