10 Apr 2024

Festival Kendaraan Hias Pawai Takbir Kabupaten Karimun 2024


Catatan M. Rasyid Nur
SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, pada momen Idul Fitri tahun 1445 H (2024 M), ini Pemda Kabupaten Karimun kembali melaksanakan Malam Takbir Idul Fitri dengan menggelar lomba kendaraan hias dan pawai takbir malam Idul Fitri. Kegiatan bertajuk Festival Kendaraan Hias Pawai Takbir 2024 ini diikuti 22 kendaraan sebagai peserta dan belasan kendaraan lainnya sebagai penggembira.

Festival Kendaraan Hias Pawai Takbir Idul Fitri tahun 2024 akan memberikan hadiah cukup besar untuk setiap pemenang, pemenang utama dan pemenang harapan. Pemenang utama terdiri Juara I, II dan III. Sementara pemenang harapan terdiri dari Harapan I, II dan III. Keenam juara ini akan diberi uang pembinaan yang lumayan besar.

Kegiatan lomba dilaksanakan melalui Bagian Kesejahteraan dan Keagamaan Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun. Menurut Kabag (Kepala Bagian) Kesra dan Keagamaan, H. Baginda Malim Siregar, untuk lomba ini peserta akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 46 juta. Dikatakannya, untuk peserta terbaik I akan memperoleh uang sebesar Rp 11 juta, terbaik II Rp 10 juta, terbaik III Rp 9 juta. Sedangkan untuk hadiah hiburan I, II dan III diberikan uang pembinaan, hadiah masing-masing Rp 6 juta, Rp 5,5 juta dan Rp 4,5 juta.

Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Pelepasan peserta Festival Kendaraan Hias Pawai Takbir. Pimpinan Upacara dari TNI sementara Perwira Upacara dari Dishub Kabupaten Karimun. Tampak hadir pada upacara pelepasan pawai takbir antara lain Kapolres Karimun, Danlanal dan Dandim Tanjungbalai Karimun. Hadir juga Kakankemenag dan para pimpnan OPD Kabupaten Karimun serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutan pengarahannya berharap agar peserta pawai dapat mengikuti pawai dengan baik dan tertib. "Ikutilah aturan dan ketentuan yang sudah disampaikan panitia pelaksana sebagai pedoman kegiatan pawai. Jangan sampai melanggar ketertiban," pintanya. Pawai ini kata Bupati juga untuk menyatakan rasa gembira karena telah menyelesaikan puasa Ramadan selama satu bulan. Dia meminta agar masyarakat terus menjaga kebersamaan dan kekompakan.

Menurut salah seorang panitia yang diperkuat oleh Dewan Juri Festival Kendaraan Hias dan Pawai Takbir pengumuman pemenang pawai akan diumumkan dua pekan setelah kegiatan pawai ini. Kendaraan dengan hiasan terbaik ditambah ketertiban takbir yang baik akan menjadi peserta terbaik, tentunya. Demikian dikatakan salah seorang Dewan Juri yang tidak bersedia disebutkan namanya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar