Bersih Daerah karena Bersih Rumah

SETIAP Kepala Daerah (dari kelurahan/ desa hingga ke provinsi bahkan nasional) menginginkan daerahnya bersih. Melalui pimpinan --Kepala Daerah hingga ke jajaran di bawah-- daerah, harapan bersih pasti disampaikan. Semua daerah, apapun visinya, dalam salah satu misinya akan ada usaha untuk kebersihan dan keindahan daerah.


Di tataran nasional, Pemerintah Pusat mengapresiasi usaha kebersihan dan keindahan dengan bermacam penghargaan. Ada penghargaan khusus yang disediakan, seumpama kalpataru, adipura dan adiwiyata dan lainnya. Meskipun ada perbedaan tertentu dari ketiga penghargaan itu, namun tetap bermuara ke pengelolaan lingkungan hidup yang titik ujungnya tidak jauh dari kebersihan dan keindahan.

Dari mana memulai untuk keberishan dan keindahan daerah? Pastilah dari titik yang paling kecil, itulah rumah tangga sendiri. Pengelolaan lingkungan mestilah bermula dari rumah sendiri. Rumah tempat tinggal sendiri. Seberapa kecil atau luaskah pekarangan rumah kita, dari situlah bermulanya pengelolaan keindahan sebuah daerah.
Makan-makan di lingkungan yang bersih, menyenangkan

Jika setiap rumah di sebuah RT dengan bersungguh-sungguh mengelola lingkungan rumahnya dengan baik dan benar, maka akan indah dan cantiklah lingkungan di RT tersebut. Jalan-jalan umumnya akan bersih karena setiap jalan yang melewati rumah warga, jalannya akan dibersihkan dan indahkan oleh warga rumah tersebut. Dan jika satu RT, RW hingga ke Desa/ Lurah terkelola oleh warga dengan baik, otomatis akan bersihlah daerah tersebut. Begitulah hingga ke tingkat atas.

Jadi, bersih dan indahnya satu daerah akan sangat ditentukan oleh warga daerah di setiap rumah yang ada di daerahnya. Maka marilah kita kelola lingkungan rumah kita sehingga secara berjenjang pengelolaan itu akan menjadikan daerah kita menjadi daerah yang bersih dan indah.*** 

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: