IPQAH Kabupaten Karimun Kunjungi Quran Center Batam

TANAIKARIMUN.COM -UNTUK meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang alquran para pengurus IPQAH (Ikatan Persaudaraan Qori-Qoriah, Hafizh-Hafizhoh) Kabupaten Karimun mengadakan kegiatan kunjungan yang diberi nama 'Studi Komparatif' ke IPQAH Provinsi Kepri. IPQAH Provinsi Kepri berkantor di Quran Center, Batam, Sekupang. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu-Ahad (14-15/12/2019) yang diikuti oleh seluruh pengurus dan Pembina serta beberapa orang qori-qoriah sebagai anggota IPQAH Kabupaten Karimun.

Ketua IPQAH Kabupaten Karimun, Wahyu Amirullah menjelaskan pada Rapat Pengurus dan Panitia rencana Perjalanan Studi Komparatif beberapa waktu sebelum keberangakatan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk lebih memahami peran dan fungsi IPQAH berkaitan dengan pembinaan dan pengembangan alquran, khususnya di kalangan anggota IPQAH sendiri. Selain itu, perjalanan dua hari di Kota Batam ini juga sebagai refreshing pengurus di akhir tahun setelah bekerja dan mengurus IPQAH selama satu tahun bahkan beberapa tahun sebelumnya.

Berangkat Sabtu (14/12) pagi dari Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun menuju Pelabuhan Sekupang, Batam rombongan langsung mengikuti jadwal acara yang sudah disusun pantia. Setelah selamat sampai di Pelabuhan Sekupang Batam, rombongan langsung menuju Masjid Riayat Syah, masjid yang baru diresmikan penggunaannya beberapa bulan lalu. Saat ini masjid megah ala Timur Tengah ini menjadi salah satu objek wisata religi di Batam. Selanjutnya makan siang dan menuju hotel, check in.

Setelah istirahat sejenak di kamar masing-masing (sebagian di Holiday Hotel dan sebagiannya di City Central Hotel, Nagoya), sekitar pukul 15.00 perserta bersiap untuk menuju ke Quran Center, Sekupang untuk mengikuti acara Silaturrahim dan Dialog bersama pengurus IPQAH Provinsi Kepri. Inilah acara utama perjalanan Studi Komparatif IPQAH Kabupaten Karimun di Batam. Dalam lebatnya hujan mengguyur Kota Batam, bus Pariwisata yang dicarter selama dua hari merambat Nagoya- Sekupang dalam macetnya jalan oleh banyaknya kendaraan.

Kegiatan di Quran Center diawali dengan penjelasan sekitar IPQAH Provinsi Kepri oleh salah seorang pengurus IPQAH Provinsi, Ustaz Abd Basyir. Dia panjang-lebar menjelaskan sejarah IPQAH di Kepri dan beberapa keterangan lain yang berkaitan dengan perkembangan alquran, khususnya qori-qoriah di Provinsi Segantang Lada ini. Acara dialog juga diisi oleh Direktur Quran Center yang jabatannya di IPQAH sebagai Ketua Umum IPQAH Provinsi Kepri, Mahadi Rahman, SQ.

Mahadi Rahman dalam penjelasannya kepada peserta dialog mengatakan bagaimana kita berjuang mengembangkan alquran di daerah kita. Beberapa prestasi di lomba alquran yang berhasil diraih, kata Mahadi adalah berkat kerja keras semua pihak, terutama tentunya para qori-qoriah ini. Dia mengingatkan untuk segera mencari dan melatih bibit-bibit baru yang akan menggantikan para qori-qoriah, hafizh-hafizhoh yang mungkin sudah mulai menurun prestasinya.

Di bagian akhir acara, selain berfoto-foto didahului dengan penyerahan cendra mata dari IPQAH Kabupaten Karimun kepada Direktur Quran Center, Mahadi Rahman. Cendra disampaikan langsung oleh Pembina IPQAH, HM. Rasyid Nur kepada Direktur Quran Center. Juga dilakukan penyerahan jaket IPQAH kepada Mahadi Rahman.

Acara di hari kedua (Ahad) adalah studi wisata di kota Batam. Panitia membawa rombongan IPQAH ke Kampung Vietnam yang ada di Pulau Galang. Berangkat pagi selepas sarapan di Hotel, rombongan meneruskan perjalanan menuju Jembatan Barelang. Menyusuri beberapa jembatan yang menghubungkan beberapa pulau, akhirnya reombongan tiba di Camp Vietnam yang dulu merupakan tempat ditampungnya pengungsi Vietnam. Seharian ini diisi untuk menikmati tempat wisata di Batam. Siang menjelang petang, rombongan kembali ke Sekupang untuk kembali menyeberang. Karimun, adalah tempat rombongan pulang.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: