Melihat Kelompok Haji Diluar IPHI (1)

Seberapa Pentingkah Pertemuan Haji Diluar IPHI?
Oleh M. Rasyid Nur
SELAIN pertemuan para haji/ hajjah dalam wadah resmi seperti IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) baik di IPHI Kecamatan maupun Kabupaten, di Karimun ada juga kelaziman tambahan pertemuan oleh para haji/ hajjah di luar pertemuan yang diselenggarakan IPHI. Pertemuan-pertemuan ini tentu saja tidak termasuk pertemuan berkaitan organisasi IPHI walaupun anggotanya adalah anggota IPHI juga.

Jika pertemuan-pertemuan IPHI Kecamatan dan atau Kabupaten dilaksanakan setiap periode tertentu, misalnya per bulan atau per dua-tiga bulan, pada kelompok haji/ hajjah ini pun mereka mengadakan pertemuan rutin secara periodik. Rata-rata pertemuannya dilaksanakan setiap bulan dengan mengambil hari Sabtu atau Ahad, sesuai kesepakatan di pekan ketiga atau keempat. 

Kita ketahui bahwa pertemuan bulanan IPHI adalah untuk menindaklanjuti program dan ketentuan yang ada pada organisasi resmi para haji/ hajjah Indonesia itu. Pertemuan anggota IPHI --di DPD Kabupaten Karimun-- juga sudah ditentukan waktunya, yaitu setiap hari Ahad pekan kedua setiap bulannya. Sedangkan pertemuan bulan IPHI Tingkat Kecamatan (DPC) biasanya dilaksanakan setiap hari Ahad pekan pertama. Di luar hari yang sudah ditentukan oleh IPHI itulah pertemuan-pertemuan bulanan kelompok lainnya itu diadakan. Juga setiap bulan atau setiap periode tertentu yang disepakati bersama.

Pertanyaannya, mengapa ada lagi pertemuan para haji/ hajjah yang tidak membawa nama IPHI? Seberapa pentingkah pertemuan --tambahan-- di luar IPHI oleh para haji/ hajjah yang nota bene adalah anggota IPHI? Kita tahu bahwa pertemuan bulanan IPHI secara institusi dan ketentuan otomatis sesuai peraturan. Pertanyaan yang mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian anggota IPHI tapi boleh jadi sangat penting buat sebagian lainnya. Ada senyalemen, sebagian anggota IPHI tidak ikut pertemuan bulanan IPHI sementara pada pertemuan di luar PHI selalu bisa ikut. Satu hal yang tetap akan menjadi pertanyaan.
Haji/Hajjah Angkatan 2018

Di Karimun khususnya ada kelompok para haji/ hajjah yang membuat pertemuan-pertemuan rutin setiap bulan sesama haji/ hajjah dengan kriteria dalam satu angkatan. Artinya, peserta pertemuan ini semuanya adalah para haji/ hajjah yang menunaikan rukun Islam kelima itu pada tahun (musim) haji yang sama. Tentu saja dalam pertemuan ini disertakan kelurga (suami/ isteri) meskipun mungkin belum menunaikan kewajiban haji.

Ide pikirannya, setelah bersama-sama dalam waktu yang cukup lama saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, dan setelah kembali ke Tanah Air ingin kembali bersama dalam waktu-waktu tertentu. Semacam reuni, begitu maka disepakatilah membuat pertemuan ini. Kegiatannya hanya untuk bersilaturrahmi sesama haji/ hajjah yang satu angkatan dengan mengikutsertakan keluarga (suami atau isteri) anggota. Ini, adalah salah satu ciri pertemuan haji kelompok ini.

Beberapa contoh kelompok haji di luar IPHI, misalnya para haji/ hajjah yang berangkat haji pada musim haji 1427 (2006/2007) lalu terbukti mereka masih tetap melakukan pertemuan-peretemuan bulanan dengan nama angkatan haji saat itu. Kelompok haji/ hajjah ini bahkan sepakat akan meneruskan pertemuan-pertemuan bulanan ini dalam waktu yang tidak terbatas. Sudah disepakati bahwa kelompok ini akan menjadikan kelompok sebagai semacam organisasi yang anggota tidak terbatas pada satu angkatan (musim) haji saja. (bersambung)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: