Selamat Tinggal 2019

BEBERAPA jam saja lagi. Jika hingga pukul 24.00 malam ini kita masih ada, artinya selamatlah kita menempuh hidup sempurna dari sisi waktu, satu tahun terakhir ini. Selasa (31/12/2019) malam ini adalah detik-menit-jam terakhir kita akan menikmati hidup di tahun ini. Setelah waktu itu nanti, kita segera akan mengucapkan 'Selamat Tinggal Tahun 2019' dengan segala catatan yang sudah kita lakukan.

Jika halaman kehidupan kita yang lalu itu sudah kita penuhkan dengan catatan yang terbaik yang mampu kita lakukan, bersyukurlah kita karena kita tidak akan dikategorikan sebagai orang yang merugi bahkan berkategori celaka. Tapi jika sebaliknya, itulah yang kita khawatirkan.

Waktu itu pasti hanya ada tiga, selama apapun kita menjalaninya. Pertama, waktu yang berlalu yang tidak akan pernah lagi bisa kita tunggu. Kedua, waktu saat ini, yang kini kita jalani. Yang saat ini kita ada bersamanya. Lalu, ketiga adalah waktu nanti yang mungkin masih ada untuk kita. yang kita sendiri pasti tidak tahu pasti apakah benar-benar ada buat kita. Oleh karena itu, yang sejatinya kita jaga adalah waktu yang kini masih kita jalani.

Apapun yang sudah terjadi, yang sudah kita isikan ke dalam lembaran catatan kehidupan kita, kita hanya bisa pasrah. Atas keteledoran kita, kita tidak mungkin meratapinya. Segera saja kita berbelok arah untuk waktu yang saat ini ada bersama kita. Sekaligus, persiapan yang lebih baik untuk waktu-waktu nanti yang jika kita masih diberi-Nya. Untuk yang lalu? Selamat tinggal, hanya itu catatan kita. Biarlah itu menjadi kenangan yang akan menjadi pelajaran. Sekali lagi, selamat tinggal tahun 2019.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: