21 Jun 2020

Manfaat Mandi Sebelum Subuh

Oleh H. Zubad Akhadi Muttaqien
KEISTIMEWAAN mandi fajar yaitu ; mandi pada pagi hari sebelum adzan subuh yang banyak sekali orang belum mengetahuinya. Berikut saya ingin sedikit menjelaskan. Semoga berguna.

Sebenarnya banyak sekali kebaikan di saat2 tertentu dalam islam, namun kita tidak mengetahuinya bahwa itu banyak khasiat dan manfaat bagi kita, diantaranya ialah mandi sebelum subuh sekitar pukul 04 pagi (waktu istimewa). Para nabi dan Rasul adalah manusia mulia yg senantiasa menghidupkan waktu sepertiga malam sampai fajar.

Untuk itu mereka adalah manusia yang paling sehat di banding umatnya, keteladanan ini diikuti para Tabi'in  Tabi'ut dan Salafussholih mereka meraih kesehatan dengan banyak mendekatkan diri kepada ALLAH swt, dan insya Allah termasuk kebiasaan mandi sebelum subuh, Gas O3 mempunyai pengaruh yg positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja Otak dan Tulang, ketika seseorang menghirup udara fajar yg dinamakan Udara pagi dia akan merasakan kenikmatan dan kesegaran Tiada taranya di waktu manapun baik siang maupun malam.

Bagi kalian yang senantiasa melakukan mandi sebelum subuh secara kontinyu (istiqomah/rutin) akan mendapatkan beberapa faedahnya antara Lain ;

1. Tidak terkena penyakit Ain, demam, pilek,    dan lain sebagianya.
2. Tidak akan terkena sihir, guna2, santet, baik     dari Jin maupun ulah Manusia.
3. Badan akan Sehat selalu.
4. Wajahnya bercahaya.
5. Do'anya mudah dikabulkan Allah swt.
6. Sukar di do'akan jahat oleh orang lain   (seperti di sumpahi, maka akan berbalik  kepada yang menyumpahinya).
7. Mempertahankan Daya tahan Mata tidak mudah Rabun, dan banyak lagi  khasiatnya.

SIMAK PENJELASANYA DI BAWAH INI :

1. Jangan Mandi 30 menit setelah sholat ashar. Mandi pada waktu tersebut kondisi darah  dalam tubuh sedang panas, sehingga jika   kita memaksakan diri untuk mandi untuk  maka akan  engakibatkan rasa lelah dan  letih yg berlebihan.
2. Jangan Mandi setelah Maghrib Mandi pada waktu maghrib antara pukul 18.00 - 19.00 juga dilarang, dikarenakan  kondisi jantung kita pada waktu itu sangat  melemah selain itu mandi pada waktu  tersebut juga meningkatkan resiko penyakit paru-paru basah.
3. Jangan Mandi setelah waktu Isya' sampai  Jam 12 malam. Mandi setelah waktu Isya' merupakan waktu  dimana jantung kita butuh istirahat, mandi  pada waktu itu bisa mengakibatkan  kerusakan jantung permanen jika kita  melakukan secara terus menerus, selain itu  bisa mengakibatkan penyakit Reumatik.
4. Mandi di waktu subuh atau Sebelum Subuh. Mandi sebelum subuh sangat dianjurkan  karena mengandung Ozon dalam air lebih  tinggi sehingga membuat badan lebih segar  dan lebih awet muda, Rasulullah SAW selalu  melakukan mandi sebelum subuh karena  mandi di waktu itu akan menguatkan Daya  tahan tubuh..
Demikian Ulasan tentang beberapa manfaat dan waktu mandi salah satunya termasuk manfaat mandi sebelum subuh
Semoga bermanfaat,  Amiin....


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar