Bupati Tunjuk Pansel BAZNAS Kabupaten Karimun, Sekda Sebagai Ketua


TANAIKARIMUN.COM, KARIMUN - UNTUK mengantisipasi akan berakhirnya masa bakti kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karimun periode 2015-2020 Bupati Karimun menunjuk Panitia Seleksai (Pansel) Calon Pimpinan BAZNAS Kabupaten Karimun yang akan bertugas menyeleksi calon pemimpin BAZNAS yang baru, masa bakti 2020-2025. Masa bakti kepengurusan BAZNAS yang baru harus sudah ada pada akhir tahun ini.

Sekretaris BAZNAS Kabupaten Karimun, H. Endang Sriwahyu menjelaskan bahwa periode kepengurusan saat ini akan berakhir pada Januari 2021 nanti. “Sesuai ketentuan, calon pimpinan BAZNAS yang baru harus sudah diajukan kepada Pemda (Bupati) tiga bulan sebelum berakhirnya masa bakti kepengurusan yang berjalan.” Untuk itu Kementerian  Agama Kabupaten Karimun mengusulkan kepada Bupati nama-nama personel untuk ditetapkan menjadi Panitia Seleksi Calon pimpinan BAZNAS periode 2020-2025.

Sesuai Surat Keputusan Bupati Karimun Nomor 517 Tahun 2020 tentang Pembentukan Tim seleksi Pimpinan Badan amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karimun Periode Tahun 2020-2025 bertanggal 6 Agustus 2020 ditunjuk Bapak Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi yang jabatan sehari-hari adalah Sekda Kabupaten Karimun sebagai Ketua Tim Pansel dengan Sekretaris Bapak H. Zamzuri, MSi yang sehari-hari bertugas sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimiun.

Pansel dilengkapi dengan tiga orang anggota Pansel masing-masing, Bapak Iwan Dinovri, S STP, M MP, MH (Kabag Kesra Setda Kabupaten Karimun), Drs. H. M. Rasyid Nur, MM (Ketua MUI Kabupaten Karimun) dan H.  Samsudin (Kasubag Haji dan Umroh Kemenag Karimun) serta beberapa orang staf sekretariat Pansel. Menuruit Pak Firman, "Panitia akan bekerja sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. Rapat ini adalah kegiatan pertama yang kita lakukan," jelasnya saat memimpin rapat.

Dalam jadwal kegiatan yang sudah disusun, dan disampaikan pada rapat perdana hari Selasa (8/9/2020) pagi itu perihal urutan-urutan kegiatan yang akan dilakukan Pansel. Setelah rapat hari ini, besok (Rabu, 9/9/2020) direncanakan akan diumumkan kepada masyarakat perihal akan adanya seleksi pimpinan BAZNAS periode 2020-2025. Diharapkan masyarakat yang berminat mendaftarkan dirinya ke Pansel yang beralamat di Gedung Jamiyatul Birri, Masjid Agung Kabupaten Karimun. Panitia akan menyeleksi kelengkapan administrasi dari calon peserta.

Jika seleksi administrasi dilewati, akan ada test terulis dan wawancara oleh Pansel. Hasil kerja Pansel akan dilaporkan kepada Bupati sebanyak dua kali lipat dari jumlah personel. Karena Pimpinan BAZNAS berjumlah lima orang (Ketua dan Wakil Ketua) maka Pansel akan mengajukan 10 orang nama kepada Bupati untuk dipilih lima orang saja. Selanjutnya Bupati akan mengajukan ke Pengurus BAZNAS Pusat untuk meminta persetujuan. Jika rekomendasi persetujuan diberikan oleh Pusat, maka Bupati makan menerbitkan SK penetapan Pengurus BAZNAS. Selanjutnya akan dikukuhkan sebagai pimpinan BZNAS Periode 2020-2025.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: