Peringatan HUT ke-21 Kabupaten Karimun Dilaksanakan Secara Sederhana

Oleh M. Rasyid Nur

HARI Senin (12/10/2020), Pemda Kabupaten Karimun melaksanakan peringatan hari lahir Kabupaten Karimun. Tahun (2020) ini peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karimun adalah untuk ke-21 tahun. Sudah mendekati dewasa jika melihat angka itu. Bahkan boleh jadi sudah dewasa. Dan tiap tahun catatan itu selalu diingat dan diperingati oleh Pemda bersama masyarakat.

Lahirnya Kabupaten Berazam bersama beberapa kabupaten di Tanah Air waktu itu, tahun 1999 lalu merupakan pemekaran Kabupaten Kepulauan Riau (saat masih berstatus kabupaten) menjadi beberapa kabupaten. Karimun sendiri yang tadinya sebuah kecamatan bersama Kundur dan Moro kini berubah menjadi sebuah kabupaten.

Pemekaran itu persisnya memang jatuhnya pada pada 12 Oktober 1999. Pemerintah Daerah (Pemda) Karimun di bawah Plt Bupati, Pak Heri (saat ini) menghelat peringatan ini secara sederhana saja. Bukan karena dia Plt mengganti Pak Aunur Rafiq yang harus mundur karena akan maju lagi pada Pilkada Desember, tapi karena covid-19 yang membuat pelaksanaan HUT ini sederhana.

Kegiatannya, hanya upacara memperingati usia Kabupaten Karimun ke-21 tahun di halaman Kantor Bupati dengan Apel Bendera, lalu dilanjutkan syukuran sederhana di dalam Gedung Nilamsari, Kantor Bupati. Begitu saja. Itu juga disampaikan salah seorang pejabat Pemda Kabupaten Karimun kepada media di daerah ini beberapa hari sebelum hari H-nya.

Pak Kabag Humas dan Informatika Pemkab Karimun, Didi Irawan ketika ditanya wartawan mengatakan, bahwa pada peringatan HUT Kabupaten Karimun tahun ini memang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya memang selalu dengan perhelatan besar-besaran. Berbagai kegiatan dan acara selalu diadakan. Kemeriahan HUT Kabupaten adalah kemeriahan yang dimaksudkan untuk membahagiakan masyarakatnya juga. Begitu selalu perinsipnya. 

Sebuah berita online, Radio Azam mengutip pernyataan Kabag Humas, “Untuk HUT Kabupaten Karimun tahun ini, kita hanya menggelar dua kegiatan saja. Apel bersama dilanjutkan dengan syukuran. Setelah itu tidak ada kegiatan lagi,” katanya seperti dimuat www.radioazam.com hari Senin (12/10/2020) keamrin.

Pemkab Karimun tidak menggelar perayaan HUT Kabupaten Karimun sebagaimana tahun-tahun sebelumnya yang begitu meriah karena kondisi pandemi covid-19 yang masih terus terjadi. Di Indonesia, khususnya di Karimun kebetulan pasien corona memang masih ada. Tentu saja mengatasi virus itu sangat penting. Banyak memerlukan tenaga, pikiran dan anggaran.

Jika tahun-tahun sebelumnya banyak acara, termasuk misalnya penandatanganan kerja sama antara Pemda dengan perusahaanp-perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Karimun, kegiatan itu juga ditiadakan pada tahun ini. Pekerjaan dan kerja samanya tetap ada tapi tidak lagi dirayakan pendatanganannya di depan umum seperti biasa. "Untuk penandatanganan kerjasama dengan investor pun sepertinya tidak ada, hanya syukuran saja,” jelas Pak Didi sebagaimana ditulis media-media di sini. Pemberian berbagai penghargaan juga tidak dilakukan tahun ini.

Dalam kegiatan syukuran di Gedung Serbaguna Nilamsari, Kantor Bupati, kemarin ada pemutaran video capaian Pemkab Karimun selama empat tahun di bawah pemegang teraju Pak Aunur Rafiq dan Pak Anwar Hasyim. Membanggakan hati menyaksikan video sebagai laporan pembangunan itu. Jika progres pembangunan seperti itu terus bisa dilakukan tentu saja semakin ke depan Kabupaten Karimun akan semakin maju.

Acara syukuran yang menghadirkan Plt. Gubernur Kepri yang diwakili Asisten Adm Umum, Dr. Muhammad  Hasbi diisi beberapa acara. Selain mendengarkan sambutan Plt Bupati dan Gubernur, juga pemutaran video itu tadi. Sebelumnya ada tari persembahan yang diiringi musik live dan lagui secara live juga. Acara ditutup doa dan makan bersama. Sederhana? Ya, sederhana saja.***

Diposting juga di www.mrasyidnur.gurusiana.id



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: