YDM Mengadakan Lomba Cipta-Baca Puisi


“UNTUK informasi lebih lanjut, para peserta dapat menghubungi panitia pelaksana pada nomor ponsel 0822-8821 5255.” Itu kalimat penutup dari berita salah satu media online di sini, di Kabupaten Karimun, ini tentang kesempatan bagi para pelajar untuk berkreasi di literasi. Tidak hanya menulis dan menciptakan puisi. Berita yang juga ada di brosur itu menjelaskan perihal Lomba Cipta Baca Puisi yang dilaksanakan dalam dalam rangka HUT Kabupaten Karimun tahun 2020.

Seperti diberitakan oleh beberapa media (etak dan online) bahwa Yayasan Darul Mukmin (YDM) Kabupaten Karimun mengajak para pelajar di Kabupaten Karimun untuk tetap berkreasi meski di tengah pandemi covid 19. Maksudnya dengan mengikuti lomba cipta karya baca puisi, yang berlangsung selama satu minggu secara virtual.

Lomba ini digelar bertujuan mengajak para pelajar di Kabupaten Karimun untuk tetap berkarya, meski kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid 19. Momen disejalankan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karimun ke 21 tahun yang jatuhnya pada 12 Oktober lalu.

Saya setuju, tidak ada alasan anak-anak kita tidak kreatif hanya karena pandemi covid 19. Untuk itu sudah tepat juga Yayasan Darul Mukmin Kabupaten Karimun mengajak orang tua, para guru dan semuanya untuk mendorong putra putri dan anak didiknya, untuk ikut serta dalam lomba cipta karya baca puisi, yang bersempena dengan HUT Kabupaten Karimun ke 21 tahun ini.

Dari panitia diperoleh penjelasan bahwa peserta tidak dibatasi untuk sekolah tertentu saja. Kegiatan ini diperuntukkan bagi para pelajar se Kabupaten Karimun atau orang-orang Karimun yang kebetulan sudah berada di luar Karimun. Dengan kategori usia 6 sampai 12 tahun dan 12 sampai 18 tahun. Yang penting memahami Kabupaten Karimun. Mereka diminta membuat puisi dengan tema tentang Kabupaten Karimun. Lalu dibacakan sendiri. Direkam dan dikirmkan videonya ke panitia untuk dinilai oleh juri yang ditetantukan panitia.

Diharapkan, para peserta dapat menghayati isi puisi yang diciptakan dan cibacakan dalam perlombaan yang diikuti. Tentunya tidak melenceng dari ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan oleh panitia. Intinya, tentang Karimun.

Harapan lainnya adalah agar anak-anak mencintai seni, khususnya baca puisi. Mereka bisa mengapresiasi puisi dengan baik, dan bisa berkembang. Dengan itu diharapkan juga masyarakat mencintai daerah Karimun. Semoga tumbuh kesadaran akan pentingnya kebersamaan dan persatuan di daerah ini.

Kriteria penilaian yang ditetapkan panitia mencakup empat hal. Diantaranya intonasi, ekspresi, penampilan dan artikulasi peserta saat membacakan puisinya. Para jurilah yang akan menentukan yang terbaik di antara peserta naantinya.

Adapun syarat dan ketentuan antara lain, pendaftaran dan pengiriman video berlangsung selama tujuh hari dimulai Senin (12/10) hingga batas akhir pada Minggu (18/10), durasi video maksimal lima menit dengan suara rekaman yang harus jelas. Video dikirim ke email: yayasandarulmukmin01@gmail.com, dengan format, Nama_umur_Asalsekolah_Alamat_nomor telepon.

Panitia menyediakan hadiah uang tunai total jutaan rupiah, serta voucher pulsa bagi setiap pemenang. Peserta terbaik nanti akan diumumkan pada 30 Oktober mendatang.*** (M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: