Pidato Pjs Bupati Karimun pada Acara Konsolidasi MUI Kepri

Tanaikarimun.com – Karimun, PADA hari Jumat (16/10/2020) malam bertempat di Gedung Nasional dilaksanakan kegiatan Konsolidasi Kelembagaan MUI Provinsi Kepri. Pesertanya adalah pengurus MUI Kabupaten Karimun dan pengurus MUI Kecamatan se-Kabupaten Karimun. Hadir malam itu para pejabat Kabupaten Karimun.

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Karimun, Pak Heri membuka secara resmi acara yang berlangsung dua hari itu. Dia memberikan pidato sambutan sekaligus membuka resmi. Inilah pidato Pak Bupati malam itu,

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Bismillahirrohmanirrohim

Innalhamdalillaah.. nahmaduhu Wanasti’iinuhu Wanastaghfiruh Wa Na’uuzubillaahi Min Syuruuri Anfusinaa Waminsayyiaati A’maalinaa, Mayyahdihillaahu Falaa Mudillalah, Wa Mayyudlilhu Falaa Haadiyalah.

Asyhadu Allaa Ilaaha Illallooh Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasuulullooh
Alloohumma Shalli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa ‘Alaa Aali Sayyidinaa Muhammad


Yang terhormat ;
1. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah
2. Ketua MUI Provinsi Kepri bersama jajaran Pengurus
3. Asisten, Kepala OPD dan Kepala Bagian
4. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Karimun
5. Ketua MUI Kabupaten dan MUI Kecamatan Se- Kabupaten Karimun
6. Ketua Lembaga Adat Melayu, Ketua PD Muhammadiyah dan Ketua PC NU Kabupaten Karimun
7. Beserta seluruh hadirin yang saya mulyakan

Pertama-tama marilah kita persembahkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat, hidayah dan ma’unah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul bersama pada malam ini dalam acara pembukaan acara Konsolidasi Penguatan Kelembagaan antara MUI Provinsi dan MUI Kabupaten Karimun.

Shalawat dan salam mari kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan Al-Qur'an sebagai wahyu Allah dan kitab suci yang terpelihara keasliannya hingga akhir zaman, yang isi kandungannya menjadi pedoman dalam kehidupan untuk menggapai keselamatan di dunia dan akhirat serta menjadikan Ulama sebagai pewaris para Nabi dan Rasul . Untuk itu mari sama kita bacakan shalawat dan salam dengan lafaz : Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad Wa ‘Ala Ali Sayyidina Muhammad

Hadirin yang saya hormati,
Sebelumnya izinkan saya memperkenalkan diri.............
Pertama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada MUI Provinsi Kepuluan Riau yang telah melaksanakan kegiatan ini di Kabupaten Karimun dan mengundang saya untuk bersilaturrahmi serta memberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan dan membuka acara nantinya.
Hadirin yang saya hormati
MUI sebagai sebuah lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi ulama, zu’ama, dan cendikiawan islam, mempunyai tugas membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin. Keberadaannya sangatlah penting dan berarti bagi daerah, bangsa dan negara. MUI banyak memberikan kontribusi yang cukup besar dalam menjaga dan memelihara kualitas kegamaan dan pendidikan masyarakat.
MUI harus tetap meneguhkan jati dirinya sebagai organisasi ulama yang memiliki
tanggung jawab besar dalam mengawal perjalanan umat islam dan bangsa Indonesia. Kedepan yang tak kalah pentingnya MUI harus bisa menjadi penggerak dalam peningkatan wawasan keberagaman, menjaga kerukunan umat beragama, dan membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan.
Sejalan dengan tugas saya selaku Pjs Bupati Karimun, ada dua tugas utama yang menjadi perhatian khusus yaitu Pelaksanaan pencegahan Covid 19 dan Pilkada di Kabupaten Karimun. Terkait pencegahan covid 19, saya mohon bantuan dari kelembagaan MUI untuk tidak bosan bosannya menyampaikan kepada masyarakat lewat corong corong dakwah tentang perlunya mematuhi protokol Kesehatan pencegahan Covid 19 seperti memakai masker dalam kondisi apapun, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.Begitu pula dengan perhelatan PILKADA nantinya, peran MUI juga diharapkan dapat membantu agar Pilkada berjalan dengan baik, aman dan lancar.
Hadirin yang saya hormati,
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama , Selama ini MUI Provinsi Kepri dan MUI Kabupaten Karimun telah menjalankan fungsinya dan menjadi mitra strategis untuk tetap menjadi pilar pembangunan keagamaan. Terutama dalam mewujudkan peningkatan keimanan dan ketakwaan.
Kedepannya juga MUI tetap eksis dan dapat meningkatkan kerjasama dengan lembaga- lembaga sosial keagamaan lainnya, Sehingga MUI ke depannya benar-benar dapat dirasakan oleh umat dan masyarakat Kepulauan Riau dan Kabupaten Karimun.
Hadirin yang saya hormati,
Akhirnya Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Karimun mengucapkan selamat dan tahniah kepada para Panitia, Nara sumber dan peserta dalam acara ini, Momentum acara ini hendaknya menjadi motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan koordinasi yang baik anatara MUI Pusat, MUI Provinsi dan MUI Kabupaten sehingga permasalahan krusial Keummatan dapat diselesaikan bersama.
Hadirin yang saya hormati,
Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini,
Dengan berserah diri kepada Allah SWT dan mengucapkan Bismillahirrahmannirahim Acara Konsolidasi Penguatan Kelembagaan antara MUI Kepri bersama MUI Kab.Karimun secara resmi saya buka.
Sebelum saya tutup dengan salam, izinkan saya membacakan pantun :
Sedaplah rasa sambal terasi
Sambal dimakan dengan lalapan
Selamat melaksanakan konsolidasi
Semoga lancar sesuai harapan

Buah Pinang buah mentimun
Hendak mencari rumah mak siti
Doa dan usaha untuk Karimun
Semoga pergi corona pandemi.

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

(M. Rasyid Nur)



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: