Pelatihan Dewan Hakim Kabupaten Karimun

TANAIKARIMUN.COM - KARIMUN, DENGAN mengambil tempat di gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Sabtu (28/11/2020) lalu LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Karimun melaksanakan pelatihan Dewan Hakim (DH) se-Kabupaten Karimun. Tujuan dilaksanakannya pelatihan, ini adalah untuk meningkatkan dan memantapkan profesionalitas DH yang ada di Kabupaten karimun.

Dengan tema "Memantapkan Kualitas dan Profesionalitas Dewan Hakim MTQ Menuju Peningkatan Prestasi" pelatihan DH kali ini diikuti oleh para DH yang berasal dari Kecmatan se-Kabupaten Karimun. Menurut Ketua Harian LPTQ Kabupayen Karimun, M. Rasyid Nur, sebanyak 40 orang peserta ikut dalam pelatihan ini. Mereka terdiri dari utusan setiap kecamatan yang masing-masing kecamatan mengirimkan sebanyak dua orang. Lalu ditambah para DH yang berasal dari utusan LPTQ Kabupaten. Begitu dia menjelaskan.

Dalam keterangan kepada wartawan, Ketua Harian LPTQ, mengatakan, “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan pembinaan kepada setiap Dewan Hakim di tingkat Kabupaten. Mereka adalah perwakilan masing-masing kecamatan. Ada sebanyak 40 orang peserta dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun,” jelasnya. Ditambah 16 orang dari LPTQ Kabupaten maka jumlahnya menjadi 40 orang.

Lebih jauh dia jelaskan bahwa kegiatan ini sangatlah penting dalam rangka mempersiapkan Dewan Hakim yang profesional di bidangnya masing-masing. Untuk cabang tilawah saja ada empat bidang penilaian yang wajib dinilai oleh DH dalam setiap MTQ. Keempat bidang itu dipelajari oleh paa hakim yang nantinya akan bertugas sebagai DH di MTQ di Kabupaten Karimun, baik di tingkat Desa/ Lurah, Kecamatan hingga ke Kabupaten.

Ketua Harian LPTQ berharap agar DH yang ikut pelatihan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang seni baca alquran sehingga nantinya saat memberi nilai saat perlombaan MTQ benar-benar mampu menunaikan tugas dengan baik. Untuk diketahui, yang menjadi nara sumber pada pelatihan kali ini adalah Ustaz H. Junaidi Jumah, MPdI, salah seorang DH Tingkat Nasional yang bertempat tinggal di Batam. Pak Junaidi, begitu dia disapa selalu diundang untuk menjadi pelatih DH di Kabupaten Karimun.*** (MR



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: