28 Mar 2021

Sudah Tepat Kita Rutin Membaca Alquran


Catatan M. Rasyid Nur

TERNYATA membaca Al-Qur'an, itu sangatlah baik. Secara rutin. Istiqomah. Terutama setelah sholat maghrib dan subuh. Membaca alquran pada waktu-waktu ini secara konsisten dapat meningkatkan kecerdasan otak sampai 80%. Wow, luar biasa.

Membaca dan menyimak manfaat membaca Alquran terus-menerus dari berbagai sumber kita akhirnya menyimpulkan bahwa kebiasaan kita membaca alquran selama ini, itu sudah tepat. Tidak sekadar ikut-ikutan atau sekadar mematuhi ajakan orang tua, tapi memang ada manfaatnya bagi kita yang membaca. Mari kita simak beberapa keterangan berikut,

Berkata Abdul Malik bin Umair, "Satu-satunya manusia yang tidak tua --tapi awet muda-- dan tidak pelupa adalah orang yang selalu membaca al-quran." Pada pernyataan lain, "Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca al-quran."

Sementara itu al-Imam Qurtubi berkata begini, "Barang siapa yang membaca al-Quran, maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 (seratus) tahun. Sedangkan Imam Besar Ibrahim Al-Maqdisi memberikan wasiat kepada muridnya, Abbas bin Abdi Daim, begini, "Perbanyaklah membaca al-Quran dan jangan pernah Kau tinggalkan, karena sesungguhnya setiap yang Kamu inginkan akan dimudahkan setara dengan yang Kamu baca."

Masih tentang kebaikan membaca alquran, berkata Ibnu Solah, "Bahwasannya para malaikat tidak diberi keutama'an untuk membaca al-Quran, maka oleh karena itu para malaikat bersemangat untuk selalu mendengar saja dari bacaan manusia." Lalu, Abu Zanad berkata begini, "Di tengah malam, aku keluar menuju masjid Rasulullah Saw. Sungguh tidak ada satu rumah pun yang aku lewati melainkan padanya ada yang membaca al-Quran."

Sebagian ahli tafsir nenjelaskan, manakala kita menyibukkan diri dengan al-Quran maka kita akan dibanjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia. Kami memohon kepada Allah agar memberikan taufiq-Nya kepada kami dan semua yang membaca tulisan ini untuk selalu membaca al-Quran dan mengamalkan kandungannya.

Ada pesan khusus dari penulis catatan singkat ini, "Bila Anda cinta pada al-Quran maka sebarkanlah. demi Allah semata. Kita setuju, dan mari kita jadikan al-Quran sebagai teman di dunia dan insyaallah akan jadi penolong di akhirat.***
(Sumber: Terusan oleh Mursyidah di WAG ‘PGAN 6TH PEKANBARU 77’ yang dishare hari Jumat, 16/03/2021)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar