Tiga Amalan Resep Umur Panjang



TIDAK berlebihan dan tidak pula sebuah kesalahan jika setiap kita berharap berusia panjang alias hidup lebih lama. Masalah baru ada jika harapan berusia lama hanya semata untuk kesenangan dunia. Justeru sikap begini tidak sesuai dengan ajaran agama. Tapi jika usia yang panjang dapat termanfaatkan dengan baik maka itulah sikap yang baik. 

Berharap hidup panjang usia saja, lalu berusaha dengan segala macam cara agar usia bisa lama, dan lupa kalau batas usia, itu ditentukan Allah, tentu saja ini tidak baik. Tidak pada tempatnya pemikiran begitu. Sesungguhnya kematian adalah ketentuan Allah. Sudah terang dikatakan bahwa jika ajal sudah tiba maka kematian akan menjemput. Tidak bisa ditunda, bahkan dipercepat pun tidak bisa.

Sesungguhnya usia lama adalah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Swt. Manusia hanyalah menerima dengan ikhlas dan bersyukur atas anugerah itu. Berapapun umur yang Allah berikan, itulah takdir dari-Nya. Satu-satunya jalan terbaik adalah memanfaatkan usia itu dengan sebaik-baiknya. Dalam tulisan berjudul Hikmah Siang : 3 Amalan yang dapat Memperpanjang Usia menurut Ajaran Islam yang diposting Sitha pada hari Kamis (19/08/2021) kita sejatinya cukup berdoa untuk berapapun usia yang Allah berikan. 

Dalam agama kita, Islam, sudah menjadi keyakinan yang tidak boleh dibantah bahwa umur panjang merupakan anugrah Allah kepada hamba-Nya yang tiada terkira nilanya. Untuk  itu hendak digunakan sebaik-baiknya. Kita ikuti aturan agama dalam menggunakan usia. Mengutip postingan, itu berikut ini ada berbagai amalan yang dapat memperpanjang usia menurut ajaran Islam yang sebaiknya kita amalkan. Inilah bagian dari ikhtiar dan doa itu.

1) Berbuat kebaikan;

Sebagai manusia, sudah sepantasnya kita hidup tidak menyendiri begitu saja. Karena di luar sana, kehidupan tidak selalu individualistis, tetapi saling membantu satu sama lain. Karena pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk sosial yang memerlukan interaksi satu sama lain. Dengan membaur dan saling menolong, insyaallah akan dibalas oleh Sang Maha Pencipta dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memberi nikmat sehat dan umur panjang. Rasulullah Saw bersabda dalam sebuah hadis: “Perbuatan kebaikan menahan kejadian buruk dan sedekah yang tersembunyi memadamkan kemurkaan Rabb serta menyambung hubungan rahim menambah umur.” (HR. Ath Thabrani dalam Shahih Al Jami’ no. 3797)

2) Berbakti kepada orang tua;

Selain berbuat baik, berbakti kepada orang tua juga merupakan cara lain dalam memperpanjang umur seseorang di dunia. Karena selain mendatangkan kebaikan serta keberkahan, juga menghilangkan berbagai musibah, masalah maupun kesedihan yang sedang kita alami saat ini. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa berbakti kepada kedua orang tua, maka dia akan memperoleh kebahagiaan panjang umur yang penuh dengan keberkahan.” (HR. Imam Abu Ya’la dan Thabrani)

3) Selalu dan Tetap Beriman kepada Allah Swt;

Salah satu amalan yang dapat membuat kita panjang umur adalah dengan beriman kepada Allah SWT. Dengan beriman kepadaNya, Insha Allah hidup kita akan selalu dilindungi oleh Sang Maha Pencipta. Allah SWT berfirman dalam surat Nuh ayat 3-4 yang berbunyi: “Sembahlah Allah, bertaqwalah kepadaKu dan taatlah kepadaKu. Niscaya Allah mengampuni sebagian dari dosa-dosamu dan menangguhkan kamu sampai batas waktu yang ditentukan.” (QS. Nuh ayat 3-4)

Itulah beberapa amalan yang dianjurkan agama dan dapat memperpanjang usia menurut ajaran Islam yang harus kita tahu dan sejatinya kita amalkan. Insyaallah.***
Juga di www.mrasyidnur.gurusiana.id



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: