20 Apr 2022

Peringatan Nuzulul Quran Pemkab Karimun


BERTEMPAT di Masjid Besar Baitul Karimun, Selasa (19/04/2022) malam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun bersama masyarakat Kabupaten Karimun, khususnya yang bertempat tinggal di Pulau Karimun melaksanakan peringatan Nuzul Quran tahun 1443 (2022). Menjadi penceramah pada even tahunan Pemkab, itu adalah Ustadz Abu Syahid Chaniago asal Kota Batam. Ustaz Chaniago memberikan tausiah cukup lama dengan materi yang terasa padat.

Prosesi acara Nuzul Quran diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh seorang qori Provinsi yang berasal dari Kabupaten Karimun. Sebelumnya telah dilaksanakan solat isya dan tarwih bersama di masjid yang berlokasi di jantung kota Tanjungbalai Karimun itu. Sebelum tausiah terlebih dahulu ada sambutan dari pimpinan daerah, Bupati. Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan, "Malam peringatan Nuzulul Quran hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum dalam memperkuat ukhuah islamiyah antar kita."

Pada pernaytaan lainnya dia mengetakan, “Agar jalinan silaturahmi dan kebersamaan antara kita semakin kuat, maka diperlukan ukhuwah islamiyah yang kuat. Tentunya ini juga sebagai salah satu cara mewujudkan Kabupaten Karimun sebagai daerah yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” katanya dengan mengutip beberapa kalimat dalam alquran.

Lebih jauh menurut Pak Rafiq, silaturahmi yang dijaga tidak hanya antar sesama keluarga dan orang terdekat saja. Tapi juga juga dengan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Karimun ini. Sebagai orang yang diberi amanah memimpin kabupaten ini dia tentu ingin silaturrahim itu terjalin diantara seluruh masyarakat.

Kita sepakat dengan sambuatan dan pengarahan bupati bahwa malam Nuzul Quran merupakan salah satu keistimewaan bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan. Sehingga ketika kita sudah mengetahui sejarah diturunkannya Al-Quran, sebagai petunjuk bagi kita semua. Selain itu juga sebagai pedoman untuk mencari ridho Allah SWT. Insyaallah malam ini akan jadi iktibar dan musahabah bagi kita semua. Maka benar pula harapannya bahwa meningkatkan ukhuwah islamiyah sangatlah penting. Kita wujudkan konsep hablum minannas sebagaimana dijelaskan dalam alquran.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar