18 Agu 2022

Menyaksikan HUT Kemerdekaan RI di Coastal Area


SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, upacara bendera dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan RI di Kabupaten Karimun selalu dilaksanakan di Lapangan Kemuning, Coastal Area, Tanjungbalai Karimun. Dulu, pernah juga dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Poros, Karimun. 

Tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Karimun kembali melaksanakan apel peringatan HUT RI itu di  Coastal Area. Lapangan tahun lalu juga. Peringatan ke-77 yang dilakukan dalam bentuk pengibaran bendera merah putih oleh para Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Karimun dapat disaksikan berjalan dengan baik dan lancar. 

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq dengan cadangannya Wakil Bupati, H. Anwar Hasyim. Para petugas upacara adalah gabungan dari angkatan (TNI) dan Polri yang ada di Karimun. Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara, Bupati Karimun mengajak masyarakat Kabupaten Karimun agar berpegang teguh pada nilai-nilai toleransi, bhinneka tunggal ika, gotong royong sebagai bukti pengamalan nilai-nialai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Katanya, “Seluruh elemen masyarakat hendaklah bergandengan tangan, bahu membahu, meningkatkan silaturahmi serta menumbuhkan rasa kekeluargaan, dalam membangun Kabupaten Karimun ke depan. Kita mengisi kemerdekaan dengan cara mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.” 

Lebih jauh bupati menegaskan,“Tugas kita sekarang adalah menjaga kesatuan dan persatuan Republik Indonesia. Perjuangan saat ini adalah melanjutkan dan penjaga kemerdekaan dengan cara yang sesuai dengan zaman saat ini. Kita harus menumbuhkan ekonomi pasca dilanda pandemi covid-19 ini. Sesuai tema, 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' maka kita hendaklah bekerja lebih bersemangat." 

Usai dari upacara tersebut, dilanjutkan dengan mengikuti peringatan detik-detik proklamasi secara daring yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo di Jakarta. Selepas mengikuti Detik-detik Proklamasi di Jakarta via daring, kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga menggunakan kapal milik Lanal Tanjungbalai Karimun di perairang depan Coastal Area. Acara terakhir dari rangkaian acara HUT RI di Kabupaten Karimun aalah penyerahan remisi kepada narapidana di Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar