27 Okt 2022

Dr. Landsman: Tujuh Makanan Penyebab Darah Tinggi


MAKANAN akan mempengaruhi kesehatan. Itu kata dokter dan sudah dibuktikan. Untuk itu dokter selalu mengingatkan pola makan yang benar. Apa yang dimakan, bagaimana memakannya dan kapan waktu makannya. Itu harus diatur. Bagi orang sehat, makanan itu sesungguhnya adalah obat sementara bagi orang sakit justeru obat yang menjadi makanan. Sebisanya kita menghindari sakit agar tidak memakan obat.

Karena makanan akan berpengaruh kepada kesehatan, maka ada beberapa makanan yang oleh dokter diingatkan untuk tidak atau dikurangi memakannya. Setidak-tidaknya berhati-hati jika memakannya. Untuk penyakit tekanan darah tinggi dan penyebabnya, selalu diingatkan kepada kita untuk beberapa makanan yang tidak baik kalau tidak waspada. Boleh memakannya tapi dijaga polanya.

Seperti diungkapkan sebuah tulisan berjudul Segera Batasi Konsumsinya! Ini 7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang diposting Mas Ruhi pada hari Kamis (20/10/2022) di laman hajinews.id layak untuk kita perhatikan. Di situ dijelaskan ada beragam faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Dan faktor yang paling berpengaruh adalah makanan yang dikonsumsi. Itulah peringatan dan kewaspadaan yang perlu kita jaga dan perhatikan.

Menurut hajinews.id, dilansir dari singlecare beberapa makanan yang berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi itu antara lain adalah makanan olahan, lemak jenuh, garam, gorengan, dan konsumsi alkohol berlebihan harus dihindari.

Masih menyitir tulisan itu, menurut Dr. Landsman melebihi asupan kalori harian yang direkomendasikan juga buruk untuk tekanan darah. Terlalu banyak kalori menyebabkan kenaikan berat badan. Katanya, “Kelebihan berat badan meningkatkan tekanan darah.” 

Diet tinggi natrium, yang ditemukan dalam banyak makanan dan saus yang diasap atau diawetkan, juga dapat meningkatkan tekanan darah. “Kombinasi yang sangat buruk untuk tekanan darah adalah diet tinggi garam tetapi rendah kalium dari buah-buahan dan sayuran. Juga rendah mineral lain yang dibutuhkan seperti kalsium dari produk susu, rendah magnesium dari biji-bijian dan sayuran. Nah, ini perlu kita perhatikan.

Untuk kewaspadaan kita, inilah 7 makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah, yaitu daging olahan seperti bacon dan hot dog, makanan kaleng dengan pengawet, makanan tinggi sodium seperti acar dan keripik kentang atau kentang goreng, makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan potongan ayam, daging berlemak, minyak sayur dan margarin, yang tinggi lemak trans serta garam meja. Maka perlu kita hati-hati tentang ini.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar