30 Jul 2023

Catatan Ringan Ketika Ngabalin Memberi Pencerahan kepada Pengurus Bakomubin Karimun


Catatan M. Rasyid Nur
PENGUKUHAN pengurus Bakomubin Kabupaten Karimun periode 2023-2028 di Gedung Nasional, Sabtu (29/07/2023) mempunyai catatan istimewa. Panitia mampu mendatangkan seorang tokoh Nasional, Dr. H. Ali Mukhtar Ngabalin, MSi. Pria kelahiran 25 Desember 1968, itu cukup dikenal wajahnya melalui layar televisi.

Dr. Ngabalin, begitu sering terdengar orang menyebutnya saat ini bertugas sebagai tenaga ahli di Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia. Hanya saja, kehadirannya di Kabupaten Karimun pada kali ini adalah dalam rangka menghadiri pengukuhan kepengurusan Bakomubin (Badan Koordinasi Muballigh se-Indonesia) Kabupaten Karimun yang baru saja terbentuk. Ngabalin yang adalah Ketua Umum Bakomubin Pusat meluangkan waktunya hadir di Tanjungbalai Karimun tentu saja itu catatan tersendiri bagi Kabupaten Karimun, khususnya bagi Bakomubin Kabupaten Karimun.

Menurut catatan, kehadirannya kali adalah untuk kedua kali setelah di bulan Februari 2011 lalu juga datang ke Karimun. Saat itu Pak Ngabalin hadir mengukuhkan kepengurusan BKPRMI (Badan Koordinasi Pemuda-Remaja Masjid Indonesia) Kabupaten Karimun. Ngabalin sendiri adalah Ketua BKPRM Pusat, waktu itu. 

Acara pengukuhan sendiri sebagaimana sudah diinformasikan di halaman ini, diawali dengan tarian persembahan oleh Sanggar Angsana Dance. Tarian ini cukup memukau Pak Ngabalin. Lalu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh Amirullah Saputra dan doa dipandu Mukhlis, SAg. Selanjutnya adalah acara inti, pengukuhan pengurus Bakomubin Kabupaten Karimun yang diawali dengan pembacaan SK PW Bakomubin Kepri no 07/PW BAKOMUBIN/ KPTS/ KU/ VII/ 2023 tentang Susunan Struktur dan Personalia Pengurus Daerah Badan Koordinasi Mubaligh se-Indonesia Kabupaten Karimun Provinsi Kepri 2023-2028 oleh salah seorang pengurus Bakomubin Provinsi Kepri.

Lalu berturut-turut acara sambutan oleh Ketua Bakomubin Kabupaten, Nurbit Siman; Sambutan Bupati dan Sambutan Ketua Bakomubin Pusat, Ngabalin. Sambutan inilah yang ingin diulangsampaikan di halaman ini. Katakanlah ini sebagai catatan ringan dari apa yang disampaikan Pak Ngabalin tersebut.

Pak Ali Mukhtar Ngabalin dengan mimik haru mengatakan bahwa dia merasa begitu gembira sampai ke Karimun ini. "Saya dan isteri saya, Umi sampai ke sini dengan begitu membahagiakan," katanya. Pak Ngabalin menyatakan kalau hatinya plong, nyaman dan begitu lepas rasanya perasaan. Begitu dia menyampaikan. 

Dia memuji pemerintah Daerah Kabupaten Karimun. Katanya, "Dengan pendekatan Pemerintah menggunakan iman dan taqwa maka itu akan membuat hati kita tenang. Saya rasa mungkin satu- satunya kabupaten atau kota yang layak untuk diajukan Rekor Muri ke Jayasuprana karena kreatifitas yang membuat tenang dan nyaman ini," tegasnya sambil sedikit serius. 

Katanya, Karimun adalah Kabupaten paling tenang yang dirasaakan. Katanya, ada banyak daerah yang dikunjunginya terasa begitu nyamannya kita berada di sini. Untuk terus bertahan seperti ini dia ikut menyarankan agar terus meperbaiki cara hubungan sesama manusia ke depan, khususnya berkaitan dengan Tahun Baru 1445 ini. Katanya lagi, "Siapkan diri menghadapi saat kita tak ada kuasa, nantinya. Suatu hari kita boleh jadi tidak ada jabatan lagi, harta juga tidak punya, maka bersiaplah untuk keadaan seperti apapun ke depan."

Ngabalin memberikan beberapa pesan, khusus untuk pengurus Bakomubin yang baru saja dikukuhkan. Pesannya itu adalah, 1) Percaya kepada zat yang berkuasa. Kita tidak ada apa-apanya di hadapan Tuhan. Maka yakinlah bahwa kita akan dibela Allah jika mematuhi perintah-Nya. 2) Berbuatlah atas kepercayaan yang kuat. Jangan ragu kalau sudah punya tekad. Ada azam. 3) Sehatkan hati. Segala-galanya akhirnya akan ditentukan oleh hati. Jika hati baik, akan baiklah semua yang ada di diri kita. Begitu pesannya. 4) Tetap bersemangat berbuat meskipun ada banyak kendala. Kendala akan tetap ada selama kita berusaha. 5) Para pengurus wajib melakukan kegiatan (aktivitas) rutin sebagai sebuah lembaga. Jangan diam saja.

Itulah beberapa pesan yang disampaikan Ngabalin pada saat memberikan pidato sambutan di momen pengukuhan pengurus Bakomubin Kabupaten Karimun, Sabtu lalu itu. Para hadirin yang menyimak pidatonya tampak cukup serius memperhatikan pesan-pesan belyau.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar