21 Sep 2023

MUI Kabupaten Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Aliran Sesat


KOMISI Pengkajian dan Penelitian MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aliran Sesat dan Menyimpang, Rabu (20/09/2023) pagi hingga siang. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kankemenag Kabupaten Karimun dan diikuti oleh generasi muda antara lain dari siswa/ siswi SLTA dan mahasiswa yang berada di Pulau Karimun.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun yang diwakili oleh Staf Ahli, Drs. H. Isnaeni. Sebelum kegiatan utama kegiatan sosialisasi diawali dengan acara pembukaan. Selain atas nama bupati, dalam acara pembukaan, itu memberikan sambutan Ketua MUI Kabupaten Karimun, Drs. H. Afrizal. Ketua panitia pelaksana, H. Usman untuk menyampaikan laporannya.

Prosesi acara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci alquran oleh salah seorang peserta sosialisasi dilanjutkan dengan membawakan Solawat Busyro secara bersama. Lalu, berturut-turut pidato Laporan Ketua Pelaksana, pidato Sambutan Ketua MUI dan pidato Pengarahan oleh Staf Ahli Bupati mewakili Bupati.

Dalam pengarahannya, Pak Isnaeni pertama, menyampaikan permohonan maaf bupati yang tidak bisa hadir karena ada acara lain pada waktu bersamaan. Begitu juga Wabup dan Sekda tidak bisa mewakili kaena masing-masing kebetulan sedang ada kegiatan juga. 

"Pertama, saya ucapkan selamat untuk kegiatan ini sekaligus terima kasih kepada MUI Kabupaten Karimun yang membuat program ini. Memahami aliran sesat dan menyimpang, ini penting bagi kita. Terutama bagi generasi muda," kata Pak Isnaeni.

Pak Isnaeni lebih jauh juga mengingatkan betapa pentingnya generasi muda memperkuat pengetahuan tentang aliran sesat dalam Islam agar tidak tertipu oleh akidah sempalan yang akan menyesatkan. "Saya harapkan, ikutilah kegiatan ini dengan baik agar dapat pula disampaikan kepada orang lain. Aliran atau pemahaman sesat dan menyimpang itu cukup banyak. Beberapa waktu lalu, saya pernah berbicara dengan orang yang menurut saya pemahamannya sudah menyimpang." Demikian antara lain pengarahan dan pesannya.

Kegiatan sosialisasi, ini merupakan salah satu kegiatan dari banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh MUI Kabupaten Karimun pada tahun 2023 ini. Ketua MUI, Pak Afrizal dalam pidato sambutannya menjelaskan beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh MUI melalui komisi-komisi yang ada di MUI. 

Untuk itu Pak Afrizal tidak lupa mengucapkan terima aksih kepada semua pengurus yang telah bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan sesuai dengan program di setiap komisi. "Kita sudah melaksanakan pelatihan penyembelihan hewan halal. Kita juga sudah melaksanakan pembagian daging segar sebagai perbaikan gizi masyarrakat di Idul Adha yang lalu. Dan banyak lagi," jelas Ketua MUI itu. 

Dia menjelaskan bahwa biaya dan dana yang dipakai MUI adalah dana yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun. Kita berterima kasih kepada bupati dan Pemerintah Daerah yang memberikan dana untuk kegiatan MUI. Juga diucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan program MUI. Demikian Pak Afrizal dalam sambutannya. *** (M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar