22 Des 2023

Peringatan Hari Ibu Teruslah Mengenang Jasa Ibu

Gambar dari website Kominfo

Catatan M. Rasyid Nur
HIRUK-pikuk menyambut Debat Cawapres malam nanti, kita pasti juga tidak lupa bahwa hari ini, 22 Desember 2023, bangsa Indonesia memperingati Hari Ibu. Tahun ini adalah Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95. Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 adalah tonggak sejarah memperingati Hari Ibu. PHI bagi bangsa kita, terkhusus bagi perempuan Indonesia akan selalu menjadi catatan tersendiri.

PHI bukan saja peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat Bangsa Indonesia, PHI juga dimaksudkan untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Menyitir tulisan berjudul "Peringatan Hari Ibu, Momentum Pengakuan Eksistensi Perempuan dalam Pembangunan" yang diposting di https://www.kominfo.go.id/ dikatakan bahwa PHI ke-95 Tahun 2023, ini akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan Indonesia dalam berkontribusi memajukan kehidupan bangsa. Kehadiran perempuan dalam memajukan kehidupan bangsa adalah bagian dari cita-cita para pejuang bangsa sejak masa perjuangan merebut kemerdekaan. 

Benar sekali, selama kurang lebih hampir tiga tahun pandemi memberikan situasi baru bagi perempuan Indonesia. Selain itu, situasi pascapandemi dengan segala tantangan menjadi babak baru bagi perjuangan perempuan Indonesia. Rekam jejak kontribusi perempuan Indonesia membangkitkan ekonomi keluarga selama pandemi merupakan salah satu bukti bahwa perempuan Indonesia selalu hadir dalam setiap momen perjuangan bangsa. Kalimat itu disampaikan Menteri PPPA, Bintang Puspayoga sebagaimana dimuat website itu.

Hal lain ditegaskan pula PHI tahun ini merupakan kesempatan yang ideal untuk menghargai peran dan pencapaian perempuan Indonesia dalam berbagai bidang, sebutlah misalnya dalam usaha mempromosikan kesetaraan gender dan peningkatan pelindungan terhadap perempuan. Ini sangatlah penting karena akan mendorong partisipasi perempuan dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan oleh berbagai lembaga.

Tema PHI ke-95 Tahun 2023, ini adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” yang pesan utamanya adalah bagaimana para para Ibu, para perempuan Indonesia mempunyai kekuatan dan daya saing yang sama dengan kaum lelaki. Tanpa mengorbankan kudrat kewanitaannya, tentu saja harapan besar itu patut kita semua mendorong ketercapaiannya. 

Catatan singkat ini adalah untuk sekadar saling ingatkan bahwa di setiap tanggal hari ini kita tidak sampai lupa mengingat Hari Ibu. Mengingat Hari Ibu dalam arti kita memang akan selalu mengenang ibu. Ibu adalah tonggak dari segala tonggak hidup dan maju kita. Tentang heboh persiapan menjelang Debat Cawapres yang akan digealr nanti malam, itu hal lain yang juga kita ikut menyimaknya. Memperungatai Hari Ibu adalah satu cara kita mengenang ibu.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar