17 Feb 2024

Rumput Dibabat, Saat Badan Terasa Kurang Sehat


TIDAK selalu dan selamanya sehat. Terkadang ada waktu badan kita terasa kurang sehat. Tidak fit alias sakit. Tanda-tandanya bisa karena kepala terasa pusing. Bisa juga karena merasa berdahak saat batuk dan fileks, misalnya. Jika lebih dari itu, bisa juga demam karena suhu badan meningkat.

Dalam keadaan sakit tingkat awal, boleh jadi kita masih bisa beraktifitas seperti biasa. Boleh jadi karena terlalu lelah. Bekerja lebih dari porsinya. Biasanya, di tingkat awal ini kita masih bisa ke kantor, ke kebun atau kemana sesuai aktifitas sehari-hari kita. Selera makan juga masih ok ok saja saat seperti itu.

Seperti yang saya rasakan beberapa hari ini. Saya tidak merasa fit seperti biasa. Awalnya tenggorokan terasa perit. Boleh jadi karena berlebih mengeluarkan suara? Entahlah. Lalu diikuti batuk sedikit-sedikit dan berdahak pula. Karena capei? Entahlah. Maka saat seperti ini selain tetap olahraga kecil-kecil --seumpama berjalan kaki sekian menit-- juga melaksanakan aktifitas lain.

Sabtu (17/02/2024) ini, misalnya saya menyabit rumput di halaman rumah yang kebetulan sudah agak panjang. Batuk masih ada sekali-sekali. Hidung juga belum lepas sempurna dari cairan. Artinya fisik saya belum sebugar seperti biasa. Hari ini sesungguhnya ada kegiatan lain, menghadiri kegiatan pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan di Ungar. Dan hari ini sebenarnya bersama beberapa teman, diajak mendampingi bupati ke Ungar. Ada acara MTQ Tingkat Kecamatan. Tapi saya izin untuk tidak ikut karena keadaan badan yang belum fit betul.

Lalu saya ajak cucu untuk membersihkan halaman yang rumputnya sudah meninggi dan sampahnya juga sudah lumayan banyak. Akiif, cucu itu menyapu sampah sementara saya membabat rumputnya. Semoga, dengan keringat dari membabat (menyabit) rumput ini mengantarkan badan saya kembali sehat total seperti biasa.*** (Catatan M. Rsyid Nur)


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar