10 Mar 2024

Pesan-pesan Bupati Saat Acara Kenduri


Catatan M. Rasyid Nur

SAAT dihelatnya Kenduri Menyambut Ramadhan 1445/ 2024 dalam acara Wirid Bulanan di Rumah Dinas Bupati, Sabtu (09/03/2024) pagi orang nomor satu Kabupaten Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq memberikan pidato sambutan sekaligus pengarahannya di hadapan 600-an peserta wirid. Dalam sambutannya, selain menyampaikan kilasan hasil-hasil pembangunan juga menyampaikan pesan-pesan khusus menyambut Ramadan yang akan datang beberapa hari ke depan.

Salah satu pesan pentingnya adalah perlu saling bermaaf-maafan antara satu dengan lainnya dalam rangka memasuki bulan suci itu. Sesama kita marilah kita salaing memaafkan. "Saya sudah memaafkan Bapak-bapak dan hadirin semuanya kalau pernah berbuat salah kepada saya. Kalau ada utang kepada saya, saya juga sudah memaafkan. Sudah lunas," katanya. Jadi, mari kita saling memaafkan.

Bupati juga mengingatkan agar di rumah tangga sendiri antara suami-isteri juga harus saling memaafkan. Agama sangat mengingatkan hal ini kepada kita. Demikian dia mengingatkan para jamaah wirid bulanan malam itu. 

Pesan maafnya yang lain adalah antara orang tua dengan anak-anaknya. Orang tua harus memaafkan anak-anaknya yang meminta maaf kepadanya. Untuk itu, kata bupati hendaklah anak-anak meminta maaf kepada kedua orang tua karena keredoaan orang tua akan menentukan keredoaan Allah kepada kita.

Pesan-pesan bupati lainnya adalah bagaimana masyarakat Kabupaten Karimun menjaga keamanan dan kenyamanan daerah kita. Bagi kedai-kedai kopi yang masih buka pada siang hari, bupati juga memesankan agar dibuka saja baik-baik. "Tidak perlu ditutup setengah pintunya dengan kain. Jadi seolah-olah kita bersubuhat,: katanya. Katanya, biarkan saja terbuka biar tahu betul siapa orang Islam yang masih makan di siang hari.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar