5 Apr 2024

Penyaluran Zakat dan Santunan Anak Yatim dari Baznas dan BSI Karimun


BERTEMPAT di Masjid Jabal Nur, Bukit Senang, Kecamatan Karimun, Kamis (04/04/2024) siang telah dilaksanakan kegiatan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa oleh BSI (Bank Syariah Indonesia) Karimun bersama Baznas Kabupaten Karimun. Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos, M Si dan beberapa orang tokoh agama/ masyarakat seperti Ketua MUI, Drs. H. Afrizal, Ketua FKUB, H. M. Rasyid Nur, Kabag Kesra, H. Baginda Malim Siregar serta beberapa orang pejabat pemerintah lainnya. 

Dari Baznas hadir langsung Ketua Baznas Kabupaten Karimun, Drs. H. Nasrial bersama semua komisioner Baznas lainnya bersama para staf. Dari BSI hadir langsung juga Kepala BSI 1 Kabupaten Karimun. Para dhuafa dan anak yatim hadir puluhan anak dari 130 orang penerima yang sudah ditentukan. 

Prosesi acaranya diawali dengan kumdandang Solawat Busyro, dilanjutkan dengan sambutan Kepala BSI 1 Karimun sebelum sambutan Ketua Baznas dan pengarahan Bupati Karimun. Solawat Busyro dinyanyikan bersama oleh seluruh hadirin yang ada dalam masjid. Dipandu oleh salah seorang pengurus Panti Asuhan Jabal Nur, Solawat Busyro berjalan lancar.  

Sambutan Ketua Baznas pertama-tama menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati yang sangat sibuk namun menyempatkan hadir pada acara ini. "Baru saja kembali dari Batam, bupati langsung ke tempat ini. Dari sini belyau akan berangkat ke Tanjungbatu," kata Ketua Baznas, Nasrial. Nasrial juga menjelaskan bahwa kegiatan ini atas kerjasama dengan BSI.BSI memberikan dana untuk santunan ini. Terima kasih kepada BSI Cabang Karimun yang menyalurkan santunan ini dari dana BSI Maslahat, semoga BSI terus berkembang. Demikian disampaikan Nasrial. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih ke pengurus masjid Jabal Nur, panti asuhan Jabal Nur dan semua pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan ini.

Dalam pengarahannya Bupati menyampaikan terima kasih kepada Baznas dan BSI Kabupaten Karimu yang telah memberikan santunan ini. "Semoga santunan ini membantu para yatim dan kaum dhuafa serta fakir-miskin," katanya. Bupati juga menyampaikan pesan-pesan agama, antara lain tentang kelompok yang dirindukan syurga sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi. 

Adapun kelompok orang yang dirindukan syurga sebagaimana disebutkan dalam hadits, itu antaralain, orang yang punya ilmu (ulama), para haji (mabrur), para syuhada (wafat di jalan Allah) dan para dermawan seperti muzakki ini. Orang darmawanlah yang nanti akan lebih dahulu masuk syurga karena kedarmawanannya. Tiga kelompok lainnya awalnya ditawarkan masuk lebih awal namun mereka menjawab bahwa mereka bisa berilmu, berhaji dan syuhada adalah karena biaya dari para dermawan. Demikian bupati menyampaikan pesannya. 

Sebagai catatan, dari staf Baznas Kabupaten Karimun, M. Ikbal diperoleh informasi bahwa sebelumnya Baznas sudah menyalurkan zakat masyarakat pada distribusi zakat mal periode pertama, 1 April 2024 di Masjid Agung kepada mustahik sebanyak 897 orang. Kegiatan dilaksanakan di Aula Darunnadhwah, Masjid Agung Kabupaten Karimun. *** (M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar