16 Feb 2022

Ini Gejala Stroke yang Tidak Biasa dan Cara Mencegahnya

SEBUAH tulisan singkat berjudul Hati-Hati, Ini Gejala Stroke yang Tidak Biasa, dan Bagaimana Cara Mencegahnya yang diposting oleh Mas Ruhi di laman hajinews.id pada hari Senin (14/02/2022) kemarin perlu kita hayati dan menjadi perhatian. Tulisan itu menjelaskan tentang penyakit stroke yang saat ini ternyata cukup banyak pengidapnya dan menjadi salah satu ancaman kematian di negara kita.

Menyimak informasi itu dikatakan bahwa stroke merupakan kedaruratan medis yang dapat berakibat fatal jika terjadi keterlambatan penanganan. Ada dua jenis utama, stroke dan iskemik yang paling umum yang menyumbang sekitar 87 persen dari semua kasus stroke. Stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke otak tersumbat oleh gumpalan darah. Ini jelas akan mengganggu aliran darah di otak dan sel-sel mulai mati.

Penyebab lain stroke iskemik adalah penyempitan arteri karena aterosklerosis. Dikatakan bahwa penyakit ini bergejala bahwa plak menumpuk di dalam arteri kita. Ini adalah kondisi serius dan meningkatkan risiko menderita stroke serius di masa depan. Persoalan pokok di sini adalah kondisi tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas dan sulit untuk dideteksi. Kata tulisan itu, "Ini mengarah ke tanda-tanda halus dan tak dapat dideteksi di anggota badan." Pesan utamanya, segera mengenalinya dan mengambil tindakan pencegahan pada waktu yang tepat agar dapat menyelamatkan nyawa penderitanya.

Sudah sama-sama kita pahami bahwa stroke bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Jadi, penting untuk mengenali tanda-tandanya lebih awal dan mengambil bantuan medis lebih awal juga. Jenis stroke ini biasanya mempengaruhi satu sisi tubuh dan berkembang cukup cepat. Tanda-tanda umum meliputi,
1) Masalah penglihatan, 2) Kelemahan atau kelumpuhan pada anggota tubuh, 3) Pusing, 4) Kebingungan, 5) Kehilangan koordinasi dan 6) Wajah terkulai di satu sisi.

Meneruskan penjelasan tulisan tersebut, salah satu tanda paling umum dari stroke iskemik adalah kelemahan atau kelumpuhan anggota badan. Semua tanda atau gejala stroke lainnya mungkin muncul secara tiba-tiba, tetapi tanda ini dapat terlihat beberapa jam atau terkadang beberapa hari sebelum stroke. Dalam hal ini, seseorang mungkin tidak dapat menggerakkan anggota tubuhnya karena nyeri otot atau ketegangan otot. Itu bisa di sisi tubuh mana pun atau anggota tubuh apa pun – tangan atau kaki.

Alasan utama mengapa anggota tubuh kita terpengaruh adalah karena fungsinya dikendalikan oleh otak kita. Gerakan anggota badan dipicu oleh pesan yang dikirim dari otak yang mengendalikannya. Ketika suplai darah di otak berkurang, pertukaran instruksi di antara mereka terpengaruh. Akibatnya, ia tidak bisa bergerak atau lumpuh. Ketegangan otot dan mati rasa cukup umum dalam kasus seperti itu.

Hal pokok yang wajib kita lakukan jika kita memiliki riwayat keluarga stroke atau menderita kondisi apa pun yang meningkatkan risiko, maka hendaklah kita lebih berhati-hati. Beberapa hal berikut dapat kita lakukan sebagai cara dan usaha kita mencegahnya, antara lain, 1) Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin; 2) Berolahraga secara teratur; 3) Mengikuti diet jantung sehat; 4) Mengelola berat badan, dan 5) Menghindari merokok. Dengan usaha itu semoga kita dapat terhindr dari penyakit stroke tangan pertama atau sekunder. Semoga!***